Syekh Al Azhar: Sunni dan Syiah itu Bersaudara

id syiah, sunni, syekh agung al azhar, ahlussunah

Syekh Al Azhar: Sunni dan Syiah itu Bersaudara

Syeikh Agung Al Azhar Prof. Dr. Syeikh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb (tengah) saat melakukan pertemuan di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta, Senin 22 Februari 2016. Hadir dalam acara ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta sejum

Mereka yang melaksanakan lima hal pokok ini maka dia Muslim,
Jakarta (Antara Kalteng/Pinmas) - Syekh Agung Al Azhar Prof. Dr. Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb mengatakan ummat Islam yang berakidah Ahlussunah itu bersaudara dengan umat Islam dari golongan Syiah.

"Sunni dan Syiah adalah saudara," terang Syekh Ath-Thayyeb saat dimintai pandangannya oleh Dirjen Bimas Islam Machasin terkait permasalahan Sunni dan Syiah saat melakukan pertemuan di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta, Senin (22/02).

Hadir dalam kesempatan ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta sejumlah ulama dan tokoh cendekiawan muslim.

Menurut Syekh Ath-Thayyeb, Islam mempunyai definisi yang jelas. Yaitu, bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, menegakkan salat, berpuasa, berzakat, dan beribadah haji bagi yang mampu.

"Mereka yang melaksanakan lima hal pokok ini maka dia Muslim. Kecuali mereka yang mendustakannya," tegasnya.

Grand Syekh menilai bahwa tidak ada masalah prinsip yang menyebabkan kaum Syiah keluar dari Islam. Bahkan, banyak ajaran Syiah yang dekat dengan pemahaman Sunny. Perbedaan antara Sunny dan Syiah dalam pandangan Syekh Thayyeb hanya pada masalah imamiah.

"Syiah mengatakan imamiah bagian dari Ushuluddin, kita mengatakan sebagai masalah furu'," terangnya.

"Kalau kita membaca kitab-kitab Syiah yang lama, mereka secara umum menghormati para sahabat," tambahnya lagi.

Bersama Majelis Hukama Al Muslimin yang dipimpinnya, Syekh Ath-Thayyeb dijadwalkan akan berada di Indonesia selama 6 hari guna menghadiri serangkaian acara. Pagi tadi, Grand Syekh diterima oleh  Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Syekh Agung dijadwalkan  akan memberikan kuliah umum dan pertemuan dengan para alumni Al Azhar di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain itu,  beliau juga akan menerima penganugerahan gelar doktor kehormatan dari UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang.

Mengakhiri kunjungannya di Indonesia, Syekh Agung dijadwalkan berkunjung ke Ponorogo untuk mengadakan pertemuan dengan keluarga besar pondok modern Darussalam Gontor, sekaligus pembukaan perayaan 90 tahun pondok tersebut. Selain memberikan sambutan, Syekh Ahmad Ath-Thayeb juga akan meresmikan gedung Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor. Grand Syekh beserta rombongan dijadwalkan akan kembali ke Mesir pada Jumat (26/02).


(kemenag.go.id)