Google Translate Kini Berjalan Pada Aplikasi Apapun Di Android

id Google Translate, Kini Berjalan Pada Aplikasi Apapun Di Android, Jelly Bean, versi iOS

Google Translate Kini Berjalan Pada Aplikasi Apapun Di Android

Tampilan Google Translate di smartphone Android. (googletranslate.blogspot.co.uk)

Jakarta (Antara Kalteng) - Tahun lalu, fitur baru dan sangat berguna memulai debutnya di Google Translate untuk Android, yaitu dukungan untuk terjemahan cepat. Sayangnya, fitur tersebut sejauh ini hanya bekerja pada perangkat yang menjalankan versi 6.0 Marshmallow dari OS Google.

Aplikasi fungsi terjemahan yang disederhanakan tersebut kini dapat digunakan pada perangkat yang menjalankan Android 4.2 Jelly Bean atau yang lebih baru. Setiap kali Anda memilih tulisan, baik dalam aplikasi ponsel maupun tablet, tombol terjemahan akan langsung muncul.

Jika Anda menekan tombol berlogo Google Translate, tombol tersebut membuka pop up yang menunjukkan terjemahan dari teks yang dipilih pada saat itu juga, tanpa perlu menyalin teks terlebih dahulu. Teks kemudian dikonversi ke dalam bahasa Anda.

Hal ini akan menghemat waktu untuk menerjemahkan teks dalam berbagai aplikasi secara lebih sederhana.

Tidak hanya itu, Google Translate juga memperbarui versi iOS dengan memberi dukungan untuk mode offline. Aplikasi tersebut kini juga dikemas dalam ukuran yang lebih kecil yaitu 25MB. Total bahasa yang mendukung fitur tersebut saat ini berjumlah 52 bahasa, termasuk penambahan Tagalog.

Google Translate juga akhirnya menambahkan World Lens dalam bahasa China. Sehingga, Anda kini bisa mengarahkan kamera pada tulisan dalam bahasa China, dan akan langsung diterjemahkan.

Fitur tersebut bekerja dari dan ke bahasa Inggris untuk bahasa China sederhana dan bahasa China tradisional. Ini merupakan bahasa ke 29 yang mendukung terjemahan visual secara instan. Dan, fitur ini juga bekerja secara offline.

Semua pembaruan yang dijelaskan di atas akan meluncur ke aplikasi Google Translate untuk Android dan iOS dalam beberapa hari ke depan, demikian GSM Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia