Menpora Minta Maaf Soal Dukungan Untuk Rio Haryanto

id Menpora, Minta Maaf Soal Dukungan Untuk Rio Haryanto, Rio Haryanto, Formula 1, Manor Racing

Menpora Minta Maaf Soal Dukungan Untuk Rio Haryanto

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jakarta (Antara Kalteng) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyampaikan permintaan maaf atas belum terpenuhinya kebutuhan dana dukungan untuk pebalap Formula 1 asal Indonesia, Rio Haryanto, agar bisa melanjutkan karirnya bersama tim Manor Racing hingga akhir musim 2016.

"Pemerintah mohon maaf terkait pemenuhan anggaran yang diharapkan oleh Manor Racing. Kami belum dapat memberikan dukungan dana itu, apalagi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," kata Menpora selepas peluncuran logo dan maskot baru Asian Games 2018 di Kantor Staf Kepresidenan di Jakarta, Kamis.

Menpora menyerahkan keputusan kepada tim asal Inggris itu apakah akan mempertahankan Rio sebagai pebalap dalam satu musim atau menggantinya dengan pabalap lain.

"Kita akan melihat apakah Manor memberikan peluang besar bagi prestasi dan potensi yang dimiliki Rio. Tapi, pemerintah tidak pernah berhenti mendukung. Demikian pula Pertamina yang terus berjuang serta usaha dari Rio serta Kiki Sports," kata Menpora.

Menpora juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari masyarakat Indonesia yang turut menggalang dana untuk Rio melalui program SMS Donasi.

Sebelumnya, Tim Manor Racing memastikan Rio akan tetap mengikuti perlombaan Grand Prix Jerman di Sirkuit Hockenheim pada Minggu (31/7) meskipun Rio belum dapat memenuhi kekurangan dana sebesar 7 juta euro.

Rio menyambut kesempatan dari Manor Racing itu dengan konsentrasi penuh untuk Grand Prix Jerman dan mengenyampingkan semua spekulasi mengenai masa depannya dalam Formula Satu.

"Semua orang sangat luar biasa dan saya berterima kasih untuk itu. Tim sangat mendukung dan juga para fans. Ini akhir pekan yang besar untuk F1, kembali ke Jerman dan juga balapan terakhir sebelum liburan musim panas," kata Rio.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati yang dihubungi secara terpisah, mengatakan manajemen berusaha maksimal untuk Rio Haryanto agar dapat tampil pada perlombaan keduabelas lomba balap mobil F1 di Jerman ini.

Indah mengatakan manajemen akan terus berusaha demi kelanjutan kontrak Rio Haryanto dengan Manor Racing. "Kami baru bisa bayar untuk setengah musim. Kami tetap berharap Rio Haryanto bisa berlomba di F1 untuk satu musim tahun ini," kata Indah.