Raih Nobel, Bob Dylan Tolak Hadiri Penganugerahan, Kenapa?

id Raih Nobel, Bob Dylan, Tolak Hadiri Penganugerahan, Swedish Academy of Science, Nobel Bob Dylan

Raih Nobel, Bob Dylan Tolak Hadiri Penganugerahan, Kenapa?

Penyanyi dan penulis lagu Bob Dylan. (Reuters)

Jakarta (Antara Kalteng) - Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Bob Dylan, yang mendapat Penghargaan Nobel Sastra bulan lalu, memutuskan untuk tidak menghadiri upacara pemberian penghargaan di Stockholm menurut lembaga pemberi penghargaan, Swedish Academy of Science.

Dylan, yang terkenal jarang tampil di media, tiga minggu lalu mengatakan bahwa dia akan menerima hadiah delapan juta crown (870.000 dolar AS) setelah lembaga pemberi penghargaan berulang kali berusaha menghubungi dia sejak menetapkan dia sebagai pemenang pada 13 Oktober.

Dalam situsnya, Academy menyatakan telah menerima surat dari Dylan yang menjelaskan bahwa karena "komitmen yang sudah ada" dia tidak bisa melakukan perjalanan ke Stockholm pada Desember.

"Kami menantikan ceramah Nobel Bob Dylan, yang harus dia sampaikan- itu satu-satunya persyaratan - dalam waktu enam bulan terhitung dari 10 Desember," kata Academy dalam siaran persnya, menambahkan bahwa mereka akan menyampaikan informasi tambahan pada 18 November.

Ceramah itu tidak harus disampaikan di Stockholm. Ketika novelis Inggris Doris Lessing mendapat Hadiah Nobel Sastra tahun 2007, dia membuat pidatonya dan mengirimkannya ke penerbitnya di Swedia, yang membacakannya dalam upacara di ibu kota Swedia.

Pemenang hadiah Nobel lain yang tidak menghadiri upacara pemberian penghargaan itu antara lain Harold Pinter dari Inggris dan Elfriede Jelinek dari Austria.

Upacara pemberian penghargaan Nobel akan diselenggarakan 10 Desember menurut warta kantor berita Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia