Rabu, 18 Oktober 2017

1.206 KPM Barito Selatan Terima Bantuan PKH

id Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri, barito selatan, eddy raya samsuri, buntok, Bantuan PKH
1.206 KPM Barito Selatan Terima Bantuan PKH
Asisten II Setda Barsel, Suhardi, S.IP saat menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan pada kegiatan Lounching Program tersebut, di Buntok, Sabtu (12/8/17). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)
Buntok (Antara Kalteng) - Sebanyak 1.206 keluarga penerima manfaat di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menerima bantuan Program Keluarga Harapan dari pemerintah pusat.

"Kami menyambut baik program ini, dan melalui program ini dapat menjembatani hubungan antara pemerintah pusat dan daerah," kata Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri pada lounching PKH di Buntok, Sabtu.

Dikatakan, bantuan sosial melalui program ini merupakan upaya pemerintah memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat miskin.

Program ini juga kata dia, merupakan cikal bakal dalam pengembangan sistem pelayanan yang lebih baik kepada anak dalam bidang pendidikan, dan kesehatan.

Adapun total dana yang disalurkan bagi 1.206 keluarga penerima manfaat (KPM) untuk tahap I, II dan III untuk Kabupaten Barito Selatan ini sebesar Rp 1,7 miliar.

"Kita berharap kepada penerima bantuan sosial (Bansos) agar selalu komitmen dalam kewajibannya untuk memeriksa kandungan bagi ibu hamil ke fasilitas kesehatan," ucap Suhardi.

Selain itu lanjut dia, melakukan pemeriksaan pasca persalinan, mengantar anak usia balita ke fasilitas kesehatan, serta mendaftar, dan menyekolahkan anak usia 7 sampai 21 tahun yang masih belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

Sementara Kabid Perlindungan, rehabilitasi, dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (DSPMD) Barito Selatan, Alip Suraya menyampaikan sebanyak 1.206 KPM tersebut tersebar dilima kecamatan.

"Penyaluran dana bansos Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2017 ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan,"ujarnya.

Melalui program ini tambah Alip Suraya, masyarakat miskin atau yang tidak mampu dapat menyekolahkan anaknya dari tingkat SD hingga SMA, serta meningkatkan konsumsi.

"Untuk tahap I, jumlah bansos yang diterima Rp 500 ribu/KPM, tahap II, Rp 585 ribu/KPM, dan tahap III Rp 582 ribu/ KPM. Dana yang kita disalurkan kali ini sekaligus untuk tiga tahap tersebut,"ujarnya.

Acara lounching program keluarga harapan yang berlangsung di DSPMD Barito Selatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Sosial Kalimantan Tengah, Suhaimi.

Penyaluran dana bansos program tersebut dilakukan pihak Bank Mandiri cabang Buntok kepada keluarga penerima manfaat di wilayah setempat.

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga