Nah! DPR Ajak Pemuda Kalteng Terjun Bertani

id DPR RI, Rahmat Nasution Hamka, bertani, pemuda kalteng

Nah! DPR Ajak Pemuda Kalteng Terjun Bertani

Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmat Nasution Hamka saat diskusi usai pelantikan pengurus Karang Taruna Kalteng, Jumat (6/10/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmat Nasution Hamka mengajak pemuda di Provinsi Kalimantan Tengah untuk tidak malu menggeluti profesi sebagai petani karena potensinya masih sangat besar dan menjanjikan.

"Pertanian sangat menjanjikan untuk ditekuni. Makanya kami mengajak pemuda jangan malu menjadi petani. Pemuda kembali bertani itu keren. Jangan hanya yang tua-tua yang masih bertani," kata Rahmat Hamka saat diskusi bersama pengurus Karang Taruna Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Jumat.

Hamka menilai, lahan di Kalimantan Tengah yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian masih sangat besar. Apalagi, kultur masyarakat lokal di zaman dulu memang menggantungkan hidup dari hasil pertanian.

Di tengah kemajuan zaman, pertanian masih mutlak dibutuhkan untuk pemenuhan konsumsi. Sangat disayangkan jika tidak ada regenerasi petani karena pertumbuhan penduduk membawa konsekuensi meningkatnya kebutuhan pangan.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo menjadikan ketahanan pangan sebagai salah satu program prioritas. Untuk itulah berbagai bantuan dikucurkan untuk membantu petani agar makin mudah dan termotivasi meningkatkan hasil pertanian.

Selain untuk pemenuhan kebutuhan dan ketahanan pangan, sektor pertanian juga bisa menjadi penopang perekonomian masyarakat. Sektor pertanian masih sangat menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Banyak program pertanian yang digelontorkan pemerintah untuk petani. Mari kita sama-sama menyambut itu. Pemuda harus menjadi pelopor dan penggerak bagi masyarakat," kata Rahmat.

Rahmat yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, mengapresiasi terus menggeliat di kabupaten dan kota hingga pelosok desa. Rahmat mendorong warga Karang Taruna menginisiasi dan mendorong bangkitnya pertanian di Kalimantan Tengah.

Masyarakat disarankan membentuk kelompok tani dengan badan hukum yang jelas. Hal ini menjadi syarat utama agar mudah mendapatkan berbagai bantuan dari pemerintah.