Bupati Barut Harapkan Jembatan Selesai Tepat Waktu

id jembatan jingah, jembatan Muara Teweh-Jingah, bupati barut,

Bupati Barut Harapkan Jembatan Selesai Tepat Waktu

Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Sekda Jainal Abidin meninjau lokasi pembangunan jembatan Muara Teweh - Jingah di kawasan WFC di Muara Teweh, Senin. (Foto Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah Nadalsyah mengharapkan pembangunan jembatan Muara Teweh-Jingah di Kecamatan Teweh Baru senilai Rp85 miliar selesai tepat waktu.

"Jika jembatan ini terselesaikan tepat waktu, diharapkan akses transportasi untuk Kelurahan Jinggah dan Jambu Kecamatan Teweh Baru akan lebih efektif dan efisien ditempuh dengan waktu yang relatif pendek," kata Bupati Nadalsyah saat meninjau pembangunan jembatan Muara Teweh-Jingah di kawasan water front city Muara Teweh, Selasa.

Kunjungan Bupati Nadalsyah itu didampingi Sekretaris Daerah pemkab setempat Jainal Abidin guna melihat langsung pembangunan jembatan yang juga diharapkan meningkatkan perekonomian warga di dua kelurahan tersebut menjadi berkembang juga beberapa desa yang berada di seberang Sungai Barito akan dapat menikmati ekses keterbukaan infrastruktur ini.

Percepatan proses pembangunan tiang utama dan tiang penyangga dapat tuntas terselesaikan sehingga pengecoran dan pemancangan tiang-tiang jembatan dapat terselesaikan.

"Dengan demikian diharapkan pembangunan dan pekerjaan yang lainnya segera ditindaklanjuti," katanya.

Nadalsyah mengakui penyelesaian jembatan berkonstruksi rangka baja dan beton dengan bentang keseluruhan adalah 418,21 meter, lebar lima meter serta bentang tengah jembatan sepanjang 120 meter itu dikerjakan menggunakan proyek kontrak tahun jamak (multi years) 2015-2017 ini sempat terkendala banjir.

Karena faktor alam tersebut sehingga pekerjaan diperkirakan terhambat waktu selesainya.

"Pembangunan jembatan ini untuk meningkatkan serta memperlancar akses dan mobilitas penduduk antara dua wilayah yang selama ini dipisahkan oleh Sungai Barito," katanya.

Jembatan ini juga akan terkoneksi dengan kawasan "Islamic Center" atau pusat kegiatan Islam Haji Muhammad Sidik di Kelurahan Jingah dan Jambu Kecamatan Teweh Baru yang juga dapat difungsikan pada 2018.