Polres Seruyan Imbau Warga Lengkapi Syarat Berkendara

id polres seruyan, Iptu Beno Hertanto, stnk

Polres Seruyan Imbau Warga Lengkapi Syarat Berkendara

BPKB dan STNK. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Polres Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mengimbau warga pengguna jalan untuk melengkapi syarat dan ketentuan berkendara, serta mematuhi rambu lalu lintas sehubungan Operasi Zebra Telabang 2017.

Operasi Zebra Telabang 2017 dilaksanakan 1-14 November 2017 dan diimbau warga mematuhi aturan berlalu lintas sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, kata Kasat Lantas Polres Seruyan Iptu Beno Hertanto di Kuala Pembuang, Jumat.

Pada operasi yang dilaksanakan selama 14 hari, Polres Seruyan mengerahkan 15 personel dengan sasaran kendaraan roda dua dan roda empat, dengan pengendara yang tidak disiplin dan tidak dilengkapi dengan kelengkapan berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Sasaran operasi lainnya adalah pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm standar, melanggar rambu-rambu lalu lintas dan melawan serta berbagai pelanggaran lainnya.

"Kita akan menekankan unsur penindakan bagi pelanggar lalu lintas yang terjaring dalam pelaksanaan Operasi Zebra," katanya.

Ia menambahkan, meski dalam operasi nanti mengedepankan unsur penindakan, namun petugas di lapangan diarahkan tetap berupaya memberikan pembinaan-pembinaan dan pembelajaran bagi pelanggar.

"Karena itu pula kenapa pelaksanaan Operasi Zebra ini jauh-jauh hari sudah kita sosialisasikan melalui pembagian pamflet, spanduk serta media sosial, bukan hanya karena aturan, tapi sebenarnya untuk keselamatan pengendara," katanya.

Menurutnya, pelanggaran lalu lintas masih kerap terjadi Seruyan, seperti banyaknya pengendara yang masih melawan arus lalu lintas serta tidak menggunakan helm saat berkendara dengan berbagai macam alasan.

"Karena itu kita harap lewat Operasi Zebra nanti, segala macam pelanggaran dapat ditekan, dan kepada masyarakat taati aturan dalam berkendara bukan hanya karena ada Operasi Zebra. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Bersatu, keselamatan nomor satu," katanya.