Ritual Syukuran Laut Diharapkan Jadi Ajang Promosi Pariwisata Kabupaten Sukamara

id Sukamara,Syukuran Laut,Kabupaten Sukamara

Ritual Syukuran Laut Diharapkan Jadi Ajang Promosi Pariwisata Kabupaten Sukamara

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman, Wakil bupati sukamara H Windu subagio bersama Forkopinda dan tokoh masyarakat melaksanakan tabur bunga. (Foto Antara Kalteng / Gusti Jainal)

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengatakan, kegiatan ritual Syukuran Laut diharapkan mampu jadi ajang promosi pariwsata daerah setempat, mengingat acara tersebut merupakan salah satu kearifan budaya lokal yang juga harus dijaga kelestariannya.

"Saya berharap kegiatan Syukuran Laut tidak hanya bersifat biasa-biasa saja, tapi juga dapat dikembangkan menjadi potensi pariwisata budaya. Kecamatan Jelai memiliki daerah yang berpotensi jadi tinggal dikemas dan dikembangkan agar dapat menarik wisatawan untuk datang," katanya, di Sukamara, Kamis.

Ritual Syukuran Laut merupakan kebiasaan yang berupa memanjatkan doa-doa atas berkah yang diterima masyarakat setempat melalui sumber daya alam sambil melaksanakan tabur bunga.

Dirman mengatakan, besarnya potensi sumber daya daerah harus dapat dikelola dengan baik oleh masyarakatnya, khususnya dalam hal memanfaatkan hal tersebut sehingga dapat menjadi pendapatan bagi Kabupaten Sukamara, khususnya dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

"Saya berharap semua masyarakat yang ada di Kecamatan Jelai juga dapat menjaga kelestarian ekosistem sungai dan laut. Sehingga pontensi sumber daya alamnya tidak rusak, dan menghasilkan pendapatan yang baik masyarakat warga sekitar," ungkap Dirman.

Menurutnya, dalam mengelola sumber daya alam harus tepat agar tidak merusak ekosistemnya, sehingga diperlukan sumber daya manusia yang memadai dan berkualitas. Khususnya memanfaatkan potensi itu sehingga menghasilkan dan menjadi pendapatan bagi masyarakat.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta seluruh lapisan masyarakat dapat bekerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk dalam rangka melaksanakan pembangunan yang merata demi meningkatkan kesejahteraan bersama. Khususnya mencapai tujuan majunya pembangunan di Sukamara pada segala bidang.