Bidan berperan tekan jumlah angka kematian ibu dan kematian bayi

id Sukamara,Bupati Sukamara,Bidan Kalteng,Kalimantan Tengah

Bidan berperan tekan jumlah angka kematian ibu dan kematian bayi

Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, H Ahmad Dirman (Ist )

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengatakan bidan memiliki peranan yang cukup penting di setiap daerah, sebab keberadaannya sangat membantu dalam penanganan dan keselamatan ibu dari mengandung sampai melahirkan. Khususnya dalam menekan jumlah angka kematian ibu dan angka kematian bayi di kabupaten setempat.

"Artinya bidan merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan ibu dan anak, khususnya daerah pelosok yang masih kurang fasilitas kesehatan atau jauh dari rumah sakit dan Puskesmas. Kami sangat berterima kasih dengan bidan yang saat ini terus mengabdi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya, di Sukamara, Kamis.

Menurutnya, selama ini melalui Ikatan Bidan Indonesia (IBI) telah menunjukan dedikasi dan pengabdian dalam memberikan pertolongan persalinan baik pada masa pra persalinan hingga pasca persalinan.

Hal itu sebagai bukti, profesionalitas bidan terus ditingkatkan dalam memberikan pelayanan terhadap ibu dan bayi. Iklas dan tingginya toleransi yang ramah dalam melayani masyarakat juga merupakan tugas wajib dari seorang bidan dalam mengabdi.

Bidan yang merupakan mitra kerja masyarakat perempuan dalam hal kesehatan merupakan tenaga profesional yang mempunyai tugas bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tidak lepas dengan wewenang dalam bidang pelayanan kesehatan ibu, bayi dan anak.

"Saya mengharapkan kepada IBI juga untuk dapat selalu meningkatkan fungsi dan peranan bidan dalam mewujudkan pembangunan, khususnya pada bidang kesehatan," demikian Dirman.