Ini manfaat ikan gabus bagi penderita hepatitis

id manfaat ikan gabus,manfaat ikan gabus bagi penderita hepatitis,penderita hepatitis,ikan gabus

Ilustrasi (maxmanroe.com)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Tidak banyak orang mengetahui kelebihan dan manfaat dari mengkonsumsi ikan gabus (Channa Striata) yang memiliki kandungan protein tinggi dibandingkan daging ikan lainnya.

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan tawar, yang bisa kita temukan di perairan Indonesia seperti sungai, danau, rawa bahkan sawah. Habitatnya yang mudah di temukan dengan kandungan nutrisi yang cukup melimpah.

Di beberapa daerah Indonesia ikan ini memiliki panggilan yang berbeda, seperti halnya di Kalimantan Selatan (Kalsel) disebut ikan haruan.

Dokter umum RSUD Doris Sylvanus Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dr. Yayan, Selasa, mengatakan bahwa ikan gabus ini memiliki manfaat dan khasiat bagi penderita penyakit hepatitis.

"Penderita hepatitis biasanya memiliki kadar albumin yang rendah dalam tubuhnya. Maka dari itu, agar obat yang diberikan dokter bekerja optimal harus diimbangi dengan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung albumin, seperti ikan gabus," kata Yayan.

Selain memiliki rasa yang enak, ikan gabus ternyata mengandung albumin yang sangat diperlukan bagi penderita hepatitis.

"Ikan gabus dapat membantu meningkatkan albumin dalam tubuh dan baik untuk proses metabolisme. Ikan gabus mengandung albumin tinggi dan nutrisi lain yang baik bagi tubuh, sehingga mampu memperbaiki kerusakan sel-sel dalam tubuh," ujarnya.

Yayan mengatakan, bahwa kadar normal albumin dalam darah kita adalah 3,5-5,5 g/dL.

Kekurangan albumin menyebabkan penderita merasa lemas, pucat, tidak nafsu makan, dan gairah hidup rendah. Pada penderita hepatitis dapat menyebabkan terjadinya penumpukan cairan yang meningkat, karena fungsi ekskresi terganggu.

Tetapi kelebihan albumin juga tidak baik bagi tubuh, penderita akan merasa pusing karena kelebihan protein, kata Yayan.

Cara paling efektif untuk mengonsumsi ikan gabus kata dia,  yaitu dengan cara direbus atau dikukus. Sedangkan cara dibakar tidak dianjurkan, karena dapat mengurangi tingkat kandungan albumin dalam ikan.

Ikan gabus biasa disajikan sebagai lauk untuk berbagai menu masakan, seperti nasi kuning dan lontong sayur. Tidak sulit menemukan ikan ini yang tersedia hampir di setiap rumah makan, terutama rumah makan khas Kalsel.
 

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar