Begini cara rawat janggut tetap bersih dan rapi

id janggut,jabes,brewok

Begini cara rawat janggut tetap bersih dan rapi

Ilustrasi Janggut (Foto: Fashionbeans)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Menumbuhkan janggut atau jenggot kini menjadi salah satu pilihan gaya bagi kaum pria. Keberadaan rambut di bagian wajah, dagu dan pipi itu, diyakini dapat menambah percaya diri dan maskulinitas.

Namun, jika sudah memutuskan untuk menumbuhkannya, maka mesti meluangkan waktu untuk memberi perhatian lebih. Karena, jika janggut dibiarkan sampai berewok yang tumbuh dibiarkan tak terawat justru membuat orang-orang ketakutan.

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut lima tips mudah merawat janggut agar tetap bersih dan rapi:

1. Memangkas atau cukur

Janggut yang terlihat rapi umumnya memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang. Jika sudah panjang dan mulai terlihat mengganggu, segera cukur janggut dengan menggunakan alat yang tepat. Pastikan alat pangkas itu sesuai dengan bentuk wajah dan juga model janggut yang diinginkan. Alat itu mesti memiliki pisau atau gunting yang tajam sehingga dapat memangkas janggut dengan cepat. 

2. Membersihkan

Janggut yang baru saja dicukur biasanya bakal terasa tajam dan gatal sehingga dapat memicu kulit kering dan bersisik. Oleh karena itu, pada tahap awal penting untuk menggunakan pencuci muka yang dapat menyingkirkan sel kulit lama dan membuat rambut wajah dalam keadaan baik.

3. Olesi minyak

Saat cambang terasa liar, tak ada salahnya untuk mengaplikasikan minyak pada rambut tersebut. Minyak dapat membantu melembabkan, melembutkan dan membuat jenggot berkilau. Minyak ini direkomendasikan dipakai di pagi hari setelah mandi. Pada saat itu, folikel rambut sedang terbuka dan memudahkan kandungan minyak meresap.

4. Disisir

Pastikan janggut selalu tertata dengan rapi menggunakan bantuan sisir kecil. Sisir juga dapat membuat berewok yang terlihat kasar menjadi lebih halus. Menyisir setiap hari tidak hanya akan membuat rambut yang membandel lebih tertata tapi juga memastikan mereka tumbuh ke arah yang benar.

5. Pelembap atau beard balm

Dikutip dari the Independent, mengaplikasikan pelembap pada janggut juga dapat menjadi nilai tambah. Pelembap tidak hanya digunakan untuk menata tapi juga membantu menambah volume dan bentuk janggut. Di samping itu, pelembap juga dapat melindungi rambut dari kotoran.