Sering nyeri pada leher? Simak ulasan berikut

id Leher,nyeri,pegal,sakit

Sering nyeri pada leher? Simak ulasan berikut

Ilustrasi sakit leher (boldsky)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Sakit leher di sisi kanan atau kiri leher dapat hilang dengan sendirinya, atau dengan perawatan rumahan, setelah beberapa hari atau minggu. Anda harus menemui dokter jika Anda memiliki sakit leher yang kronis atau berat.

Ada beberapa kondisi yang mungkin menjadi penyebab leher kanan sakit, yang sebenarnya juga bisa menyebabkan nyeri pada leher bagian kiri. Apa saja penyebabnya?

1. Ketegangan otot
Anda mungkin mengalami leher kanan sakit setelah menggunakan komputer atau ponsel dalam jangka waktu yang lama. Atau Anda juga mungkin mengalami nyeri leher saat berkendara jarak jauh atau melakukan pekerjaan atau hobi yang membatasi gerakan kepala untuk waktu yang lama.

Aktivitas-aktivitas tersebut dapat menyebabkan otot-otot di leher Anda menjadi lemah. Jika otot-otot leher Anda lemah, sendi leher Anda bisa menjadi kaku dan Anda mungkin kesulitan menggerakkan leher Anda. Sambungan leher yang kaku dapat menghubungi saraf atau otot ketika berputar, sehingga menyebabkan rasa sakit.

2. Posisi tidur yang salah
Leher Anda mungkin sakit setelah tidur dalam posisi yang tidak biasa. Anda lebih mungkin mengalami sakit leher jika tidur tengkurap. Tidur dengan terlalu banyak bantal juga bisa menyebabkan leher kanan sakit karena kepala dan leher tidak sejajar dengan bagian tubuh Anda yang lain.

Selain itu, kasur Anda mungkin terlalu lembut dan menyebabkan keselarasan antara kepala dan leher Anda menjadi mati dibandingkan dengan bagian tubuh Anda yang lain.

3. Postur tubuh yang buruk
Postur yang buruk secara langsung memengaruhi otot-otot di dekat leher dan bahu serta tulang belakang Anda. Semakin lama Anda mempertahankan postur yang buruk, semakin lemah bagian-bagian tubuh Anda, yang menyebabkan lebih banyak rasa sakit.

4. Kecemasan atau stres
Mengalami kecemasan atau stres dapat menyebabkan otot Anda menjadi kencang, terutama merasakan di sekitar leher dan bahu Anda.

5. Whisplash
Trauma pada leher dapat menyebabkan keseleo leher, yang menyebabkan rasa sakit. Whiplash adalah istilah lain yang digunakan untuk keseleo leher. Hal ini terjadi ketika ligamen atau otot di leher Anda menjadi terluka karena sesuatu yang memengaruhi tubuh yang menyebabkan leher Anda melebar dan kembali ke tempatnya terlalu cepat.

Dampak ini dapat terjadi jika Anda mengalami kecelakaan mobil atau ketika naik roller coaster.

6. Cedera brachial plexus
Cedera brachial plexus dapat terjadi ketika Anda bermain olahraga kontak atau dalam kecelakaan traumatis. Ini dapat merusak pleksus brakialis, satu set saraf yang menghubungkan tulang belakang, bahu, lengan, dan tangan, yang menyebabkan sakit leher.

7. Gangguan degeneratif
Ada beberapa gangguan degeneratif yaitu gangguan yang terjadi akibat proses penuaan, dapat berkaitan dengan sendi, tulang belakang, otot, dan bagian lain dari leher Anda yang dapat menyebabkan rasa sakit.

Kondisi ini dapat terjadi dari penuaan atau dari kondisi kesehatan lain. Beberapa kondisi degeneratif ini adalah radang sendi, radang saraf, cervical disc degeneration, dan patah tulang leher.

8. Penyebab lainnya
Leher kanan sakit juga dapat dikaitkan dengan kecelakaan, demam tinggi, dan gejala seperti nyeri di lengan dan kaki, atau sakit kepala. Penyebab gejala-gejala ini harus didiagnosis oleh dokter segera.