Bank sampah Buntok terima 9.708,1 kilogram sampah

id bank sampah buntok,buang sampah

Bank sampah Buntok terima 9.708,1 kilogram sampah

Petugas Bank Sampah sedang menimbang sampah milik nasabahnya.(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Jumlah penerimaan sampah yang telah diterima Bank Sampah Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mencapai 9.708,1 kilogram.

"Jumlah tersebut merupakan penerimaan dari Januari hingga Juni 2018 ," kata Wakil Direktur Bank Sampah Buntok, Miftahul Rahman, di Buntok, Selasa.

Ia menjelaskan, sampah yang diterima pihaknya tersebut dari nasabah yang berjumlah sebanyak 167 nasabah.

"Setiap hari nasabah menyerahkan sampah, dan jumlah sampah yang diserahkan akan dicatat kedalam rekening masing-masing nasabah sebagai tabungan," ujarnya.

Menurut dia, saat ini pihaknya masih belum ada kerjasama dengan pihak ketiga untuk membeli sampah tersebut, dan sampah tersebut akan dijual kepada pengumpul.

"Memang ada pihak ketiga yang ingin bekerjasama, namun kendalanya kita masih belum memiliki gudang untuk menampung sampah yang diserahkan nasabah," ujarnya.

Adapun sampah yang diterima pihaknya tersebut dikelola semenjak diserahterimakan kepada pihaknya pada Februari 2018, dan untuk jenis sampah yang diterima seperti sampah plastik, logam, kertas, botol kaca, dan botol buah.

"Untuk jumlah sampah plastik yang diterima sejak Januari hingga Juni sebanyak 1.508,0 kg, logam sebanyak 719, 1," kata dia.

Sedangkan untuk sampah kertas 5.215,1 kg, botol kaca/buah 2.266,0 kg sehingga total keseluruhan ?sampah yang telah diterima sebanyak 9.708,1 kilogram.