'Batara Pintar' program bantuan bagi pelajar kurang mampu

id batara pintar,pelajar kurang mampu,pemkab barut

'Batara Pintar' program bantuan bagi pelajar kurang mampu

Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara H Masdulhaq dan Ketua Tim Penggerak PKK setempat Hj.Sri Hidayati serta pejabat lainnya foto bersama anak sekolah di SDN 4 Malawaken Kecamatan Teweh Baru, Rabu. (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah membuat program "Batara Pintar" yaitu memberikan bantuan dana pendidikan kepada murid SD dan pelajar SMP dari kalangan keluarga kurang mampu yang punya minat besar melanjutkan pendidikan.

Program Batara Pintar mulai berjalan tahun 2019 dengan sasaran murid dan pelajar miskin dan pelajar berprestasi, kata Kadis Pendidikan Barito Utara, Masdulhaq saat mendampingi Ketua Tim PKK setempat Hj Sri Hidayati melakukan kunjungan kerja ke SDN 4 Malawaken Kecamatan Teweh Baru, Rabu.

Menurut Masdulhaq, bantuan berupa uang pendidikan ini bagi murid miskin atau kurang mampu harus ada keterangan dari Kepala Desa setempat terkait yang bersangkutan memang benar-benar miskin.

Sedangkan pelajar SMP yang berprestasi yakni ada dua baik prestasi bidang akademik dan bidang bakat seperti olah raga diantaranya tinju, renang dan lainnya.

"Bantuan tersebut bervariasi dari Rp1 juta sampai Rp3 juta per orang," katanya.

Pada kesempatan itu Masdulhaq menjelaskan jumlah sekolah di Barito Utara yakni Taman Kanak-Kanak Pembina Negeri ada lima sekolah, SD sebanyak 170 sekolah dan SMP 39 sekolah tersebar di sembilan kecamatan.

Pada tahun ajaran 2018/2019 jumlah siswanya mencapai 27.000 orang? diantaranya 2.000 orang atau sekitar 5 persen sampai 7 persen merupakan? siswa dari SD dan SMP hampir rata-rata siswa kurang mampu.

"Jadi untuk membantu para siswa tergolong miskin dan berprestasi ini kami akan mengusulkan dana untuk bantuan pada APBD tahun 2019 nanti," jelas dia.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati meminta para? siswa-siswi agar dapat rajin belajar dgn sungguh sungguh, gantungan cita-cita kalian setinggi bintang di langit, tuntut lah ilmu walaupum sampai ke negeri China.

"Jangan hanya menuntut ilmu hanya lulus SD saja tetapi terus lah menuntut ilmu sampai pergurun tinggi," kata Sri Hidayati yang juga istri Bupati Barito Utara Nadalsyah.