Ini harga komputer Apple pertama yang sudah terjual

id apple,komputer pertama,lelang,Ini harga komputer Apple pertama yang sudah terjual

Ini harga komputer Apple pertama yang sudah terjual

Komputer Apple-1 buatan 1976 yang dipajang di Museum Powerhouse Sydney, Australia. (Wikipedia/Binarysequence)

San Francisco (Antaranews Kalteng) – Satu unit Apple-1, model langka komputer pertama produksi perusahaan teknologi yang kini dianggap ikonis, laris terjual seharga 375.000 dolar AS (sekitar Rp5,58 miliar) dalam sebuah pelelangan pekan ini, menurut RR Auction yang berbasis di Boston.

Komputer itu adalah salah satu dari 175 unit lainnya yang dijual Steve Jobs dan Steve Wozniak dari produksi mereka di sebuah garasi di Silicon Valley di awal kehidupan Apple pada 196 dan 1977.

Model tersebut awalnya terjual 666,66 dolar AS (sekitar Rp9,92 juta) ketika dijual toko komputer Byte Shop di Mountain View, California pada 1970-an.

Jobs dan Wozniak awalnya merancang Apple-1 sebagai papan sirkuit cetak (PCB) kosong yang dijual sebagai kit dan dilengkapi oleh pecinta elektronik, tetapi pemilik Byte Shop Paul Terrell setuju untuk membeli 50 unit jika itu dalam bentuk rakitan lengkap dan tidak membutuhkan penyolderan oleh pembeli.

Menurut RR, komputer yang dijual pekan ini dikembalikan ke kondisi awal pada Juni dan mencakup PCB asli Apple-1, sebuah cassette interface, keyboard dan perlengkapan lainnya.

Namun, harga jualnya jauh dari rekor: satu komputer Apple-1 lainnya terjual seharga 905.000 dolar AS (sekitar Rp13,4 miliar) pada 2014, AFP.(mu)