Cara aman liburan bersama hewan peliharaan

id liburan,hewan peliharaan,anjing,kucing,Cara aman liburan bersama hewan peliharaan

Cara aman liburan bersama hewan peliharaan

Ilustrasi anjing dalam mobil (pinterest)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Mengendarai mobil bersama hewan peliharaan memang tidak dianjurkan karena tingkah hewan yang mungkin bisa mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Namun, jika memang harus berpergian dengan mengajak hewan peliharaan, para pengemudi bisa memperhatikan beberapa tips yang diberikan oleh Chevrolet Indonesia agar perjalanan menjadi lebih lancar, aman, dan menyenangkan.

Sebelum berangkat

Terdapat dua hal utama yang harus diperhatikan saat memboyong hewan peliharaan, pertama adalah pastikan hewan kesayangan sudah mendapatkan vaksinasi dasar serta vaksinasi tambahan. Jika dibutuhkan, untuk melindungi tertularnya hewan dari penyakit-penyakit baru, siapkan nomor telepon dokter hewan yang bisa dihubungi selama perjalanan.

Kedua, untuk mencegah hal terburuk yakni terpisah dari hewan peliharaan, bawalah foto terbaru peliharaan Anda, menuliskan nomor ponsel di kalung identifikasi, dan yang terpenting adalah jangan biarkan hewan piaraan meninggalkan kendaraan tanpa kalung pengikat.

Bepergian bersama anjing

Tidak semua anjing dapat diajak berjalan-jalan, jadi ada baiknya melakukan beberapa latihan sebelum berpergian.

Jagalah anjing menggunakan tali pengikat atau cargo barrier saat Anda berkendara demi keselamatan selama mengemudi.

Anda bisa menggunakan mobil berjenis SUV yang memiliki area bagasi luas untuk membawa pet carrier berukuran besar. Anda juga dapat menggunakan tali khusus yang diikat di kursi belakang.

Jangan biarkan hewan peliharaan duduk di kursi depan karena meningkatkan risiko terluka parah bahkan berakibat fatal jika airbag terbuka.

Jika anjing Anda berukuran besar, tempat terbaik adalah di area bagasi, dengan mempertimbangkan membeli cargo tray tambahan untuk melindungi karpet.
 
Jangan pernah tinggalkan anjing sendirian di dalam mobil. Di hari yang cerah, suhu kendaraan yang diparkir dapat meningkat dalam waktu singkat sehingga berpotensi sengatan panas berlebihan, bahkan dengan jendela yang terbuka.

Apabila anjing merasa resah atau menggonggong terus-menerus, Anda dapat memberikan mainan, chew toy, atau treats agar peliharaan tetap sibuk namun rileks selama perjalanan.

Setelah tiba di lokasi, Anda bisa mengajak anjing berjalan-jalan secara terikat agar hewan beradaptasi dengan tempat baru sekaligus meregangkan kaki anjing yang tegang selama perjalanan.

Bepergian bersama kucing

Hampir sama saat berpergian dengan anjing, Anda pemilik kucing bisa menggunakan pet carrier atau cargo barrier dalam mobil.

Jangan biarkan hewan berkeliaran di dalam mobil karena menimbulkan potensi luka dan risiko kecelakaan bagi pengemudi karena hilang konsentrasi.

Buatlah kucing merasa familiar dengan suasana mobil dengan membawa tempat tidur, selimut atau handuk milik kucing piaraan di dalam mobil.

Pertimbangkan membawa kotak kotoran portabel, tempat makan dan minum yang mudah dilipat, serta obat-obatan bagi kucing.
 
Untuk menghindari dehidrasi, terutama ketika perjalanan di musim panas, siapkan semangkuk es yang dapat dijilat oleh kucing untuk menjaganya agar tidak kepanasan.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar