Cara gunakan lensa kontak agar terhindar dari infeksi mata

id softlens,lensa kontak,mata,infeksi mata,Cara gunakan lensa kontak agar terhindar dari infeksi mata

Cara gunakan lensa kontak agar terhindar dari infeksi mata

Ilustrasi - Mata (Pixabay)

Jakarta (Antaranews Kalteng) – Para peneliti Inggris mengonfirmasi adanya peningkatan kecil dalam kasus keratitis acanthamoeba yaitu infeksi mata yang mengancam pengguna lensa kontak.

Untuk itu, pengguna lensa kontak dapat menghindari infeksi parah dengan mencuci dan mengeringkan tangan saat bersentuhan dengan lensa kontak mereka, menyimpan lensa kontak dalam larutan air bersih setiap hari, sedapat mungkin hindari memakai lensa saat berenang atau mandi.

“Kami berpikir kondisi tersebut 90 persen dapat dicegah jika paparan air dihindari dan menggunakan lensa atau lensa kontak sekali pakai dengan benar,” ujar penulis studi senior Dr. John Dart of University College London and Moorfields Eye Hospital, sebagaimana dilansir Reuters, yang dikutip Selasa.

Organisme acanthamoeba berada di udara, tanah, debu, dan air. Setidaknya, setengah dari populasi memiliki antibodi terhadap organisme, menunjukkan bahwa bahwa mereka telah terpapar, tulis tim peneliti di British Journal of Ophthalmology.

Keratitis acanthamoeba itu memang sangat langka, kendati demikian amoeba yang membentuk kista itu ternyata sulit diobati sehingga menyebabkan infeksi kronis yang memengaruhi pengguna lensa kontak selama bertahun-tahun.

Pasien terparah terkena infeksi itu berada di Inggris, memerlukan masa pengobatan selama satu tahun, lebih dari tiga tahun pada masa tindak lanjut, dan berulangkali berkunjung ke rumah sakit, serta memiliki penglihatan buruk setelah masalah infeksi teratasi, menurut catatan tim peneliti. Beberapa pasien bahkan memerlukan transplantasi kornea.

Dr. Jennifer Cope dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika di Atlanta, Georgia menyarankan agar pengguna menghindari lensa kontak dari air keran agar menggunakan cairan yang berada di pasaran dan diketahui keamanannya.