DPRD Bartim minta Dinkes dan RSUD tingkatkan pelayanan

id dprd kabupaten barito timur,dprd bartim,ketua komisi 1 dprd bartim,Janju Briano

DPRD Bartim minta Dinkes dan RSUD tingkatkan pelayanan

Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Saya juga berharap warga bisa menjaga kesehatan selama musim pancaroba seperti sekarang dengan PHBS agar tidak rentan terserang penyakit
Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Ketua Komisi I DPRD Kabupeten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Janju Briano meminta Dinas Kesehatan yang membawahi Puskesmas dan RSUD Tamiang Layang, untuk meningkatkan pelayanan semasa pancaroba atau peralihan musim memasuki musim hujan.

"Biasanya banyak warga yang sakit diare, demam berdarah maupun muntaber disaat memasuki musim hujan di November. Untuk itu perlu adanya peningkatan pelayanan kesehatan," kata Janju saat dihubungi dari Tamiang Layang, Sabtu.

Peningkatan pelayanan tersebut sebagai antisipasi agar warga terhindar dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan terjadi ketika ada pasien yang sakit. 

Kondisi disaat pancaroba yang terkadang panas kemudian mendadak hujan akan membuat ketahanan tubuh rentan terserang penyakit.

"Hal ini akan berdampak pada banyaknya pasien di Puskesmas dan RSUD Tamiang Layang. Untuk itu perlu adanya peningkatan pelayanan agar tertangani dengan tepat dan cepat," kata Janju.

Dia menegaskan bahwa peningkatakn pelayanan tersebut juga selaras dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Bartim 2018-2023, yakni mewujudkan masyarakat yang sehat dan cerdas.

Untuk itu Dinkes Bartim perlu mensosialisasikan dan menggalakkan kembali polda hidup sehat dan bersih, agar masyarakat terhindar dari pelbagai macam penyakit menular.

"Saya juga berharap warga bisa menjaga kesehatan selama musim pancaroba seperti sekarang dengan PHBS agar tidak rentan terserang penyakit," kata Janju.

PHBS bisa dimulai dengan menjaga lingkungan tempat tinggal agar tetap bersih dan menghindarkan diri dari bibit-bibit penyakit berkembang biak.

Kepala Dinkes Bartim dr Simon Biring MPH menyatakan telah memerintahkan peningkatan pelayanan ditiap-tiap Puskesmas dan RSUD Tamiang Layang.

"Pelayanan akan ditingkatkan dan jika ada penyakit bawaan virus dari luar akan cepat terdeteksi dan akan ditangani dengan sebaik-baiknya," katanya.

Simon meminta warga membasmi sarang-sarang nyamuk. Nyamuk sangat cepat berkembang biak dan nyamuk meeupakan hewan kecil yang bisa membawa virus ke tubuh manusia.