Anggota DPRD Bartim daftar ke PDIP jadi bacalon Wabup Barsel

id Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Janjo Briano, PDIP, bacalon Wabup Barsel, barito selatan, kalteng

Anggota DPRD Bartim daftar ke PDIP jadi bacalon Wabup Barsel

anjo Briano menyerahkan berkas pendaftaran sebagai bakal calon wakil bupati ke DPC PDIP Barito Selatan, di Buntok, Rabu 15/5. ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Janjo Briano mendaftarkan ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), agar dapat diajukan sebagai bakal calon Wakil Bupati Barito Selatan, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

"Kami pada hari ini menyerahkan berkas formulir pendaftaran sebagai bakal calon ke Kantor Dewan Pimpinan Cabang PDIP Barito Selatan," kata Janjo Briano di Buntok, Rabu.

Dirinya pun menegaskan bahwa berkas formulir pendaftaran yang diserahkannya ke kantor DPC PDIP Barito Selatan tersebut mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati. Untuk pendaftaran sebagai bacalon Wabup Barsel itu pun, dirinya hanya mendaftar di PDI Perjuangan saja. 

Hal tersebut mengingat, dirinya merupakan kader dari partai besutan Megawati Soekarnoputri itu dan sejak 1998 lalu mendapat penugasan di Kabupaten Barito Timur.

"Sepanjang perjalanan menapaki karir politik di Kabupaten Barito Timur, dirinya terpilih menjadi anggota DPRD periode 2014 -2019 dan periode 2019-2024," beber Janjo Briano.

Meski lama berdomisili dan mengabdi di Barito Timur kata Janjo, ia merupakan putra asli Barito Selatan yang lahir di Desa Bundar, Kecamatan Dusun Utara pada 9 Januari 1974 lalu.

Untuk tingkat sekolah dasar, Janjo Briano sekolah pada SDN-1 Bundar, dan untuk Sekolah Menengah Tingkat Pertama di SMPN-1 Bundar. Untuk pendidikan Sekolah Lanjutan Menengah Atas di SMAN-1 Buntok dan menyelesaikan Strata 1 di Universitas Palangka Raya.

"Sebelum terjun ke dunia politik, saya pernah menjadi guru di SMP Karya Dharma dan SMEA Karya Dharma Tamiang layang," ungkap Janjo Briano.

Adapun tujuannya maju sebagai wakil Bupati untuk membangun daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik lagi kedepannya.

"Sekali lagi saya tegaskan, bahwa saya sudah memantapkan diri untuk maju pada Pilkada 2024 sebagai calon wakil Bupati untuk mendampingi putra terbaik Barsel sebagai calon Bupati," kata putra dari pasangan almarhum Sawidar Ngamban dan Wice Kibar itu.

Baca juga: Penjabat Bupati Barito Selatan dianugerahi gelar kehormatan masyarakat Dayak

Wakil ketua DPC PDIP Barito Selatan, Noor Abdi mengatakan pada hari ini, pihaknya menerima berkas formulir pendaftaran Janjo Briano sebagai bakal calon wakil kepala daerah.

"Hingga saat ini, ada sebanyak empat orang yang telah menyerahkan berkas pendaftaran sebagai calon kepala daerah/bakal calon wakil kepala daerah ke DPC PDIP Barito Selatan," terangnya.

Setelah 31 Mei 2024 mendatang, berkas pendaftaran ini akan disampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk selanjutnya dilakukan penjaringan dan survey popularitas serta elektabilitas calon yang sudah mendaftar.


Baca juga: Mastini RL nyatakan siap maju di Pilkada Barito Selatan

Baca juga: DPC PDIP Barito Selatan buka pendaftaran calon kepala daerah

Baca juga: Ina Prayawati mendaftar jadi bacalon Bupati Barsel di Pilkada 2024