Ina Prayawati mendaftar jadi bacalon Bupati Barsel di Pilkada 2024

id calon bupati barsel, pilkada barsel, Ina Prayawati, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah, pilkada, pilkada 2024

Ina Prayawati mendaftar jadi bacalon Bupati Barsel di Pilkada 2024

Anggota DPRD Kalteng Ina Prayawati saat menyerahkan berkas pendaftaran pemilihan Bupati Barito Selatan kepada Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit Karyawan Yunianto, di Palangka Raya, Selasa (16/4/2024). ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Ina Prayawati secara resmi mendaftar sebagai calon Bupati Barito Selatan melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

"Berkas pendaftaran sudah saya sampaikan kepada Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit Karyawan Yunianto," kata Ina di Palangka Raya, Selasa.

Dikatakan, pada pemilihan legislatif 2024-2029, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Barito Selatan berhasil mendapatkan delapan kursi. Kondisi tersebut, memungkinkan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Barito Selatan untuk mengusung sendiri calon kepala daerah.

Ina yang merupakan Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah itu pun optimis, jika dirinya bisa unggul dan memenangkan pemilihan kepala daerah di Barito Selatan.

"Ini merupakan keseriusan saya. Terlebih ada dukungan dari partai dan masyarakat yang telah mendukung saya untuk maju dalam pemilihan kepala daerah," ucapnya.

Baca juga: Raih 26 ribu suara, Wiyatno maju sebagai calon Bupati Kapuas di Pilkada 2024

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteng Sigit Karyawan Yunianto membenarkan jika pihaknya telah menerima dua orang kader internal mendaftar sebagai kepala daerah. Di mana kedua kader itu yakni, Wiyatno sebagai calon Bupati Kapuas, dan Ina Prayawati sebagai calon bupati Barito Selatan.

"Baru mereka berdua. Kalau dari kader partai politik lain, sejauh ini belum ada. Tetapi ada sejumlah partai politik yang sudah berkomunikasi dengan kami untuk berkoalisi dalam pilkada provinsi maupun 14 kabupaten/kota di Kalteng pada tahun 2024 ini," beber dia.

Sigit yang juga Ketua DPRD Kota Palangka Raya itu pun meyakini jika melalui Wiyatno dan Ina Prayawati, PDIP dapat menguasai pemilihan kepala daerah di Kabupaten Kapuas dan Barito Selatan. Namun pihaknya akan mengatur strategi untuk memanfaatkan peluang yang besar ini. Hal tersebut dilakukan agar pada saat penetapan kepala daerah, pihaknya telah memberikan kader yang terbaik.

"Perlu kehati-hatian untuk penetapannya. Nanti ada penyaringan dan siapa yang mendapatkan rekomendasi, itu tergantung dari DPP PDI Perjuangan," demikian Sigit.

Baca juga: Agi serahkan berkas Bakal Calon Bupati Barito Utara ke PDIP dan Golkar

Baca juga: DPC PDIP Barito Selatan buka pendaftaran calon kepala daerah

Baca juga: Tujuh kader berpotensi dicalonkan PDIP dalam Pilkada Kalteng 2024