Cara mengetahui kondisi kesehatan dari masalah kulit

id masalah kulit,kondisi kesehatan,jerawat, ruam

Cara mengetahui kondisi kesehatan dari masalah kulit

Ilustrasi (foto: thinkstockphotos.com)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Masalah pada kulit seperti jerawat dan ruam bisa menjadi tanda yang mencerminkan kondisi kesehatan seseorang.

Dikutip dari Medical Daily, Kamis (24/1), berikut ini sejumlah masalah pada kulit dan kemungkinan problem kesehatan yang dihadapi.

1. Ruam

Perhatikan kemungkinan ada hubungan dengan makanan, jika Anda menderita ruam kulit. Intoleransi gluten dapat menyebabkan ruam kulit gatal yang memengaruhi lengan, dada, wajah, bokong, siku. 

Tetapi ruam di kaki mungkin mengindikasikan sesuatu di luar masalah yang berhubungan dengan diet. Cindy Owen, seorang dokter kulit mencatat bahwa ini bisa menjadi tanda infeksi hepatitis C jika tidak merespons penggunaan steroid atau antijamur topikal.

2. Jerawat

Tingkat stres yang tinggi dapat memicu peradangan dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit seperti eksim dan jerawat. Sebagian orang juga cenderung mengalami masalah kulit ketika stres, suatu kelainan yang terkait dengan gangguan obsesif-kompulsif.

Tentu saja, jerawat dapat dipicu oleh sejumlah hal mulai dari pola makan hingga pil KB. Seorang dokter kulit dapat mengetahui hal ini dengan mencari petunjuk dalam kebiasaan gaya hidup Anda atau bagian dari wajah yang terpengaruh. 

Jerawat yang sebagian besar muncul di sepanjang wajah bagian bawah atau rahang bisa menjadi tanda sindrom ovarium polikistik pada wanita, menurut dokter kulit dari NYC, Dr. Doris Day. 

3. Tekstur berubah

Hipotiroidisme (defisiensi hormon tiroid) dapat menyebabkan penebalan kulit pada betis menurut Shasa Hu, M.D., dari Fakultas Kedokteran Universitas Miami Miller. Lebih dari setengah pasien mungkin mengalami perubahan tekstur, biasanya kulit menjadi lebih kasar.

Area kulit yang mengkilap dan menebal bisa menjadi tanda gula darah tinggi. "Terlalu banyak gula darah menyebabkan perubahan pembuluh darah di kulit," kata Hu. 

Selain itu, pasien yang menderita diabetes disarankan untuk secara teratur memeriksa luka dan mencari perawatan sesegera mungkin.

4. Pigmentasi

Apakah kulit Anda mengalami warna kekuningan? Cobalah periksakan ke dokter karena ini bisa jadi tanda ada kemungkinan masalah dengan hati. Namun, ini juga bisa karena kondisi tidak berbahaya atau karotenemia yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang berlebihan seperti wortel, labu, dan kentang manis.

Di sisi lain, jika Anda memperhatikan bahwa kulit Anda menjadi lebih pucat daripada biasanya, Anda mungkin mengalami gejala anemia - suatu kondisi di mana darah Anda tidak memiliki cukup sel darah merah atau hemoglobin. Terkadang, itu juga bisa disertai dengan kuku rapuh dan kerontokan rambut.