Legislator Gumas: Program harus tepat sasaran dan maksimal

id Iceu Purnamasari ,DPRD Kabupaten Gunung Mas,Legislator Gumas: Program harus tepat sasaran dan maksimal

Legislator Gumas: Program harus tepat sasaran dan maksimal

Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Iceu Purnamasari (tengah) dan Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas lainnya saat mengikuti Forum Musrenbang RPJMD Kabupaten Gunung Mas tahun 2019-2024, di aula BP3D setempat, Rabu (25/9/2019). (ANTARA/HO-Setda Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Iceu Purnamasari mengingatkan perangkat daerah di lingkup pemerintah kabupaten itu agar menyiapkan program yang sesuai dengan visi dan misi kepala daerah.

“Program yang disusun oleh perangkat daerah juga harus tepat sasaran dan nantinya dijalankan secara maksimal,” kata politisi Partai Golongan Karya itu saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Disamping itu, dia mengingatkan pentingnya sinergi antara program dari kabupaten dengan program pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, agar program yang disusun oleh perangkat daerah dapat berjalan baik.

Perempuan kelahiran Kuala Kurun ini juga meminta kepada perangkat daerah agar jeli melihat sumber dana dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, mengingat anggaran yang dimiliki oleh pemkab juga terbatas.

“Itu yang saya harapkan dari perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas,” beber legislator yang berasal dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun ini.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing mengajak perangkat daerah agar mengedepankan kreasi dan selalu optimis.

“Lima tahun kedepan tantangan akan semakin berat dan dalam pelaksanaan periode lima tahun akan terasa singkat. Maka manfaatkan waktu yang ada,” ucapnya saat membuka Forum Musrenbang RPJMD Kabupaten Gumas 2019-2024.

Dia menyadari, ide-ide yang nantinya dituangkan akan lebih mudah terwujud apabila keadaan keuangan daerah memadai. Sementara APBD Kabupaten Gumas tentu terbatas untuk mewujudkan semua ide yang ada.

Walau demikian, Jaya meminta agar jangan khawatir. Dia optimis Kabupaten Gumas akan dapat mencari sumber dana dalam mendukung pelaksanaan ide-ide dalam mewujudkan visi dan misi kepala daerah.

Oleh sebab itu, dalam menyusun program perangkat daerah hendaknya mensinergikan program dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinis. Bagaimanapun, Kabupaten Gumas juga harus mensukseskan sasaran pembangunan nasional dan provinsi.

“Fokuslah bekerja agar kita dapat mengakhiri pekerjaan kita dengan hasil yang optimal, demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Gunung Mas,” kata orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu.