Quartararo ungguli Vinales untuk puncaki FP2 GP Jepang

id quartataro,gp jepang,sirkuit twin ring motegi,fp 2,motpgp

Quartararo ungguli Vinales untuk puncaki FP2 GP Jepang

Pebalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo di sesi pemanasan Grand Prix Aragon (22/9/2019) Reuters/Albert Gea

Jakarta (ANTARA) -

Pebalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo kembali menunjukkan kecepatannya ketika memuncaki sesi latihan bebas FP2 Grand Prix Jepang, di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jumat.



Rookie asal Prancis itu menjadi satu-satunya pebalap yang menembus catatan waktu di bawah satu menit 45 detik yaitu dengan 1'44,764 mengungguli pebalap tim pabrikan Yamaha Maverick Viñales yang terpaut 0,321 detik di peringkat kedua, demikian laman resmi MotoGP.



Juara dunia MotoGP musim ini, Marc Marquez membayangi dua pebalap Yamaha itu di peringkat tiga, 0,336 detik dari Quartararo.



Andrea Dovizioso menjadi pebalap Ducati tercepat di peringkat empat sementara Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) memperbaiki catatan waktunya untuk naik ke peringkat lima, setelah sebelumnya di FP1 terlempar dari posisi 10 besar.



Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) 0,096 detik di belakang The Doctor untuk membawa empat mesin Yamaha di peringkat enam besar hari itu.



Di bawah awan mendung yang meliputi Motegi hari itu, hampir sebagian besar pebalap memperbaiki catatan waktunya di FP2. Sepuluh pebalap teratas di FP2 bisa langsung lolos ke Q2, Sabtu, seperti yang diprediksi, hujan.



Jack Miller (Pramac Racing) tetap di peringkat ketujuh walau terjatuh di lap terakhir di Tikungan 9. Danilo Petruci (Ducati Team) menguntit sang pebalap asal Australia itu di P8, setelah sebelumnya terlempar ke P13 di FP1.



Di percobaan terakhirnya Joan Mir memperbaiki catatan waktunya untuk berada di P9 hingga memaksa rekan satu timnya di Suzuki Ecstar, Alex Rins terlempar ke P11 saat Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) mengunci peringkat ke-10.



Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) pun terlempar ke P12 karena itu.



Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3) melaju terlalu cepat di Tikungan 12 hingga terjatuh, namun pebalap asal Portugal itu mampu berdiri sebelum menjalani cek-up di pusat medis.







Sepuluh besar kombinasi catatan waktu latihan



1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) – 1:44,764

2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,321

3. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,336

4. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 0,650

5. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,702

6. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,798

7. Jack Miller (Pramac Racing) + 0,813

8. Danilo Petrucci (Ducati Team) + 0,855

9. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,877

10. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 0,957