Nadalsyah perintahkan jajarannya antisipasi penyebaran corona

id wakil bupati barut sugianto panala putra,antisipasi ,penyebaran corona,barito utara

Nadalsyah perintahkan jajarannya antisipasi penyebaran corona

Petugas Dinas Kesehatan Barito Utara memeriksa suhu tubuh Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra ketika melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RSUD guna melakukan langkah-langkah antisipasi di Muara Teweh, Senin (16/3/2020). ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah memerintahkan jajarannya untuk tanggap terhadap penyebaran virus corona atau Covid-19 di daerah setempat.

"Meskipun Barito Utara belum dilaporkan adanya kasus corona, namun kita perlu melakukan langkah-langkah mengantisipasinya," kata dia melalui Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra ketika melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RSUD guna melakukan langkah-langkah antisipasi di Muara Teweh, Senin.

Hal itu dikemukakan guna merespon arahan Presiden RI Jokowi  yang telah mengeluarkan Keppres Nomor 7 Tahun 2020 tentang gugus tugas percepatan penanganan virus corona.

Menurut dia, langkah pertama yang dilakukan dengan melakukan menjalani pemeriksaan menggunakan alat pemindai suhu tubuh atau thermal scanner oleh petugas kantor Dinas Kesehatan Setempat pada pada saat melaksanakan rapat-rapat yang digelar oleh Pemerintah Daerah.Hal ini, untuk memastikan bahwa peserta rapat yang hadir dalam kondisi sehat. 
 
Petugas Dinas Kesehatan Barito Utara memeriksa suhu tubuh Sekda setempat H Jainal Abidin ketika melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RSUD guna melakukan langkah-langkah antisipasi di Muara Teweh, Senin (16/3/2020). ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

"Apabila ditemukan peserta rapat dalam kondisi yang "dicurigai" maka akan dilakukan tindakan medis yang telah ada dalam protokol penanganan virus Covid-19. Selain itu, terus menggalakan langkah-langkah preventif lainnya dengan himbauan-himbauan dan langkah lainnya," katanya.

Bupati juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya Barito Utara agar tidak panik menghadapi pandemi virus Covid-19. 

"Utamakan pola hidup sehat, jangan bepergian ke wilayah yang ada kasus virus corona dan periksakan diri bila mendapati gejala-gejala yang dikhawatirkan sebagai gejala awal dari virus corona," kata H. Nadalsyah. 

Dia menyatakan asal imun atau daya tahan tubuh kita kuat, Insyaa Allah virus corona tidak akan menyerang. 

"Jaga kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat," kata dia melalui Wakil Bupati Sugianto.