Kolaborasi pemkab dan PBS tingkatkan hasil kebun masyarakat

id Dprd seruyan, wakil ketua dprd m aswin, pbs, perusahaan besar swasta, sawit, kelapa sawit, cpo

Kolaborasi pemkab dan PBS tingkatkan hasil kebun masyarakat

Wakil Ketua DPRD Seruyan M Aswin. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah M Aswin mengatakan, diperlukan kolaborasi antara pemerintah kabupaten dengan perusahaan besar swasta (PBS) kelapa sawit di wilayah setempat, untuk meningkatkan hasil produksi kebun kelapa sawit masyarakat.

“Kolaborasi itu dalam hal pemaksimalan hasil produksi kebun kelapa sawit milik masyarakat yang ada wilayah kita, agar dapat meningkatkan hasil panen,” kata Aswin di Kuala Pembuang, Senin.

Menurutnya hal tersebut dikarenakan khususnya untuk daerah pemilihan II meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk, kelapa sawit menjadi salah satu tumpuan hidup masyarakat. Maka keterlibatan pemkab dan PBS sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil produksi.

Banyak masyarakat yang memiliki kebun kelapa sawit sendiri yang dijadikan sebagai sumber kehidupan dengan hasil produksi yang cukup bervariasi.

"Maka untuk memaksimalkan hasil produksi perkebunan kelapa sawit masyarakat, salah satu hal yang bisa dilakukan, yakni kolaborasi bersama PBS perkebunan yang ada,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan dengan meningkatnya hasil produksi kebun kelapa sawit milik masyarakat, tentu tidak hanya berdampak bagi masyarakat, tapi juga akan sangat menguntungkan PBS kelapa sawit.

“PBS tersebut memang fokusnya disitu, jadi mereka sudah paham betul kiat-kiat dalam memaksimalkan hasil produksi perkebunan. Makanya kita bisa berkolaborasi seperti tenaga penyuluh khusus yang diperuntukan membantu masyarakat lokal,” terangnya.

Politisi Partai Nasdem itu mengharapkan agar PBS yang beroperasional di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini terlibat dalam upaya peningkatan hasil produksi kebun kelapa sawit milik masyarakat, sehingga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar