Prihatin dengan stok darah, Ketua DPRD Kalteng inisiasi donor darah

id Ketua DPRD Kalimantan Tengah ,DPRD Kalimantan Tengah Wiyatno ,Kalimantan Tengah,Wiyatno ,DPRD Kalteng,Ketua DPRD Kalteng,HUT DPRD Kalteng,HUT DPRD Kal

Prihatin dengan stok darah, Ketua DPRD Kalteng inisiasi donor darah

Ketua DPRD Kalimantan Tengah Wiyatno saat berada di ruang kerjanya, Jumat (5/3/2021). ANTARA/Jaya Wirawana Manurung

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kalimantan Tengah Wiyatno menginisiasi digelarnya donor darah, sebagai salah satu rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada saat perayaan Hari Ulang Tahun DPRD Kalteng ke-62.

Donor darah sekarang ini penting dan mendesak untuk dilaksanakan karena ketersediaan atau stok darah di provinsi ini semakin menipis dan memprihatinkan, kata Wiyatno di ruang ruang kerjanya, Jumat.

"Jadi, saya ingin salah satu kegiatan di HUT DPRD Kalteng pada 2 April 2021, ada digelar donor darah. Tentunya, tetap memperhatikan protokol kesehatan cegah COVID-19," beber dia.

Selain menginisiasi, Wiyatno juga telah menghubungi secara langsung Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kalteng, agar mendukung sekaligus menyiapkan berbagai fasilitas donor darah yang nantinya dilaksanakan di halaman perkantoran DPRD Kalteng.

Dia mengatakan nantinya para peserta donor darah itu dari pimpinan dan anggota DPRD Kalteng, seluruh aparatur dan staff di sekretariat dewan, kalangan wartawan yang kesehariannya meliput di lingkungan DPRD Kalteng, serta berbagai pihak lainnya.

"Saya berharap dengan digelarnya donor darah di DPRD Kalteng nantinya, bisa terkumpul banyak darah. Dengan begitu, stok darah di Kalteng bisa bertambah," singkat Wiyatno.

Ketua PMI Provinsi Kalteng Suhaemi mengapresiasi sekaligus siap mendukung digelarnya donor darah di DPRD Kalteng. Sebab, sejak adanya pandemi COVID-19, jumlah pendonor di provinsi ini terus mengalami pengurangan yang tentunya berdampak pada semakin menipisnya stok darah.

Baca juga: DPRD Kalteng pantau pelayanan Samsat dan Bank Kalteng di Barito Utara

"Hampir lebih dari 30 persen terjadi penurunan pendonor darah di Kalteng sejak ada pandemi. Jadi, kami berterimakasih kepada Ketua DPRD Kalteng yang menginisiasi digelarnya donor darah," ucapnya.

Suhaemi mengaku selama ini Ketua DPRD Kalteng sudah memberikan banyak dukungan terhadap kinerja dan aktivitas PMI Kalteng. Mulai dari ikut memperjuangkan anggaran hingga hadir dalam beberapa kegiatan yang diselenggarakan PMI Kalteng.

"Donor darah di DPRD Kalteng, baru ini yang pertama kali dilaksanakan. Tentunya ini karena dukungan dan perhatian dari pak Wiyatno terhadap ketersediaan darah di provinsi ini," demikian Wiyatno.

Baca juga: Pansus DPRD Kalteng pastikan terus awasi anggaran COVID-19 dan Bansos

Baca juga: DPRD ajak masyarakat Kalteng mengikuti program sawit rakyat