TMMD Barito Utara bangun jalan Desa Karamuan

id tmmd barito utara,bupati barut,desa karamuan,dandim muara teweh,jalan desa,kalteng

TMMD Barito Utara bangun jalan Desa Karamuan

Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Kav Rinaldi Irawan, Kapolres AKBP Dodo Hendro Kusuma dan pejabat lainnya meninjau lokasi TMMD di Desa Karamuan Kecamatan Lahei Barat, Selasa (15/6/2021).ANTARA/HO-Prokopim Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-111 di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, membangun  ruas jalan yang menghubungkan jalan Desa Karamuan Kecamatan Lahai Barat sepanjang 13 kilometer dengan lebar 10 meter merupakan akses keluar desa menuju ibu kota kabupaten setempat.

"Jalan yang dikerjakan nantinya akan menjadi jalan alternatif ke arah Kecamatan Lahei Barat dari Muara Teweh ibu kota Kabupaten Barito Utara," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah saat meninjau lokasi TMMD di Desa Karamuan, Kecamatan Lahei Barat, Selasa. 

Dalam peninjauan itu Bupati Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Kav Rinaldi Irawan, Kapolres AKBP Dodo Hendro Kusuma dan pejabat lainnya.

Menurut dia, jalan yang dibuka itu nantinya tembus ke jalan nasional di Km 30 Desa Karamuan, sehingga jalan sepanjang total 18,6 Km dapat menjadi akses alternatif masyarakat.

"Akses jalan ini nantinya dapat membantu warga, karena jalan-jalan yang ada di Kecamatan Lahei Barat bila musim banjir, banyak jalan yang tidak bisa dilalui masyarakat," katanya. 

Kegiatan TMMD selain membangun jalan membangun Balai Basarah ini merupakan program pemerintah, yang kebetulan pada tahun 2021 ada program TMMD ke-111 yang dimotori oleh Dandim 1013 Muara Teweh dan dibiayai pemerintah. 

"Bila dikerjakan secara reguler, akan memakan biaya yang besar," kata dia. 

Dengan dikerjakan melalui TMMD, biaya yang diperlukan bisa sangat ekonomis dan efisien. 

"Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih atas program TMMD dari Dandim 1013 Muara Teweh," ujar Nadalsyah. 

Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Kav Rinadi Irawan mengatakan  pelaksanaan TMMD ke-111 ini akan dikerjakan selama 30 hari  mulai 15 Juni sampai 14 Juli 2021.

"Sebelum dilakukan pekerjaan telah dilaksanakan kegiatan pra TMMD terlebih dahulu pada 25 Mei - 14 Juni 2021.Ini sudah kita komunikasikan dan sudah kita laporkan ke pimpinan di TNI Angkatan Darat dan pemerintah Daerah. Untuk satgas sebanyak 150 orang termasuk didalamnya tim penyuluh di luar dari TNI," kata Dandim yang selaku Ketua Satgas TMMD .

Dia mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas masyarakat.

"Jajaran TNI AD sangat berterima kasih atas dukungan pemerintah daerah dan stakeholder terkait lainnya  dalam pelaksanaan TMMD ini dan berjalan dengan lancar, sehingga target yang ditetapkan dapat terealisasi  bahkan bisa lebih," kata Dandim. 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar