Tiga langkah rawat gearbox motor matik

id gearbox,motor matik ,Tiga langkah rawat gearbox motor matik

Tiga langkah rawat gearbox motor matik

Produk terbaru dari Eneos untuk perlindungan gearbox motor matik (ANTARA/Ho)

Jakarta (ANTARA) - Kendaraan motor matik di Indonesia populasinya memang terus berkembang secara pesat, hingga kini motor yang tidak mempunyai "gigi" ini sudah mencapai 95 persen dari total pangsa motor di Tanah Air.

Dengan begitu, masih banyak pengguna yang jarang merawat kendaraan matik mereka dengan tidak baik, meski perawatan kendaraan matik itu terbilang cukup mudah untuk dilakukan.

Terdapat beberapa cara agar kendaraan matik anda tetap prima saat digunakan, hal ini harus dilakukan secara rutin agar nantinya pemilik kendaraan tidak perlu lagi mengganti gearbox yang terbilang cukup mudah rusak.

Bersihkan Gearbox secara rutin
Para pemilik kendaraan disarankan untuk terbiasa menjaga kebersihan dari gearbox itu sendiri, gearbox juga disarankan untuk tetap dalam keadaan kering selama penggunaan dan hindari debu-debu yang menempel pada bagian tertentu.

Rawat komponen CVT
Kehadiran gearbox pada motor tidak bisa dipisahkan dengan adanya komponen CVT, kedua memiliki peran yang cukup penting untuk performa dari kendaraan itu sendiri. Untuk melakukan perawatan, sebaiknya pemilik harus rajin-rajin membersihkan agar terhindar dari banyaknya debu yang menempel dan juga kotoran lain gar lebih tahan lama digunakan.

Baca juga: Tips merawat kendaraan dengan mudah

Pelumas
Tidak sedikit pengguna sepeda motor matik melupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam perawatan, yaitu perawatan pada bagian gearbox. Sama hal nya dengan mesin, gearbox juga membutuhkan perawatan rutin, seperti servis dan penggantian oli gardan secara berkala.

Menanggapi kebutuhan tersebut, PT Nippon Oil Indonesia, meluncurkan ENEOS Scooter Gear Oil, oli gardan semi-synthetic yang sudah mengadopsi teknologi terbaru dari Jepang, dan diproduksi secara khusus untuk Indonesia, sehingga cocok untuk seluruh jenis sepeda motor matik di Indonesia.

Dengan kemampuan melumasi yang baik, oli ini mampu menjadikan performa sepeda motor lebih maksimal, memperpanjang usia gearbox serta membuat mesin lebih
bertenaga.

"Scooter Gear matik yang saat ini diluncurkan, merupakan salah satu produk yang melengkapi seluruh varian oli ENEOS yang ada saat ini, karena sesuai dengan salah satu tujuan awal ENEOS hadir di Indonesia, yaitu untuk memenuhi semua kebutuhan oli untuk seluruh jenis kendaraan," ungkap General Manager PT Nippon Oil Indonesia, Imran Razy dalam keterangan resminya, Kamis.

Seluruh produk ENEOS yang dipasarkan di Indonesia, dikembangkan secara khusus dengan menyesuaikan mesin dan karakteristik kendaraan di Tanah Air. Dan sudah terbukti, oli ENEOS mampu memberikan kinerja maksimal pada kendaraan di iklim tropis, meskipun dalam situasi jalanan yang macet.

ENEOS Scooter Gear Oil akan mulai dipasarkan pada bulan Juli, dimulai dari Jakarta dan rencananya akan didistribusikan ke seluruh bengkel rekanan ENEOS di seluruh Indonesia. Harga jual ENEOS Scooter Gear Oil di pasar yang direkomendasikan yaitu Rp15 ribu.

Baca juga: Langkah-langkah merawat Vespa matik secara mandiri

Baca juga: Lima langkah merawat skuter metik selama masa PSBB

Baca juga: Begini cara rawat motor klasik

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021