Cegah ASN perpanjang libur, Wabup Bartim sidak ke sejumlah SOPD

id Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadri, Barito Timur, Kabupaten Barito Timur, Bartim, Kalteng, sidak, wabup bar

Cegah ASN perpanjang libur, Wabup Bartim sidak ke sejumlah SOPD

Wabup Barito Timur Habib Said Abdul Saleh (ketiga kiri) melihat langsung pelayanan adminduk saat mensidak Disdukcapil Bartim di Tamiang Layang, Senin (9/5). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadri melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah kabupaten setempat, sebagai upaya mencegah aparatur sipil negara menambah cuti dan libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kita cek kehadiran pegawai (ASN) pada tiap instansi, terutamanya instansi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Habib Saleh di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, sejumlah instansi pelayanan publik yang dikunjungi saat sidak diantaranya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, RSUD Tamiang Layang, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kecamatan Dusun Timur dan Puskesmas Tamiang Layang.

Di Kantor Disdukcapil Barito Timur di Jalan Karno E Boekaman Simpang Badung, Habib Saleh melihat mensidak kehadiran ASN per ruang kerja dan menyapa warga yang sedang antri mengurus administrasi kependudukan. Demikian pula di Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Barito Timur.

Pada RSUD Tamiang Layang, Habib Saleh kembali mensidak pelayanan kesehatan rawat jalan dan rawat inap serta kehadiran dokter. Hasilnya cukup memuaskan, kehadiran mencapai 100 persen.

Orang nomor dua di Pemkab Barito Timur itu juga menuliskan pada sebuah buku terkait catatan penting yang dinilai perlu peningkatan pelayanan.

Baca juga: Pemkab Bartim percepat pengurusan adminduk

Sementara itu, Kadis Dukcapil Barito Timur, Muslim Raharjo mengatakan, pihaknya telah mengumumkan terkait pelayanan adminduk buka pada hari pertama kerja sehingga masyarakat yang mengetahui informasinya segera mengurus adminduk.

Bagi warga yang hadir akan tetap dilayani seperti pelayanan adminduk pada umumnya. Yang banyak diurus warga adalah perekaman e-KTP, pembuatan Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran dan pembaharuan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Kami akan terus berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Barito Timur," kata Muslim.

Baca juga: Sekda Bartim ingatkan ada sanksi jika ASN menambah libur lebaran

Baca juga: Wabup Bartim dukung pembinaan penghafal Al Quran