Desa Tumbang Setawai mengharapkan kehadiran penyuluh pertanian

id Dprd seruyan, nardi, ppl, penyuluh pertanian lapangan, pertanian seruyan, kuala pembuang, seruyan, kalteng

Desa Tumbang Setawai mengharapkan kehadiran penyuluh pertanian

Anggota DPRD Seruyan Nardi. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah  Nardi menyampaikan keluhan masyarakat yang ada di Desa Tumbang Setawai, Kecamatan Seruyan Hulu yang memerlukan kehadiran tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk memudahkan aktivitas petani.


 


“Tenaga penyuluh pertanian ini sangat diperlukan terlebih bagi petani yang berada di daerah pemilihan (dapil III), sehingga dengan begitu para petani bisa dengan mudah berkonsultasi terkait keluhan mereka dalam bertani,” katanya di Kuala Pembuang, Senin.


 


Lanjut dia mengatakan, usulan tersebut disampaikan langsung masyarakat desa setempat saat pihaknya melaksanakan reses di dapil III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun.


 


“Mereka mengusulkan agar di desa itu ada penyuluh pertanian. Kita berharap Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat bisa menindaklanjuti apa yang menjadi usulan masyarakat tersebut,” terangnya.


 


Dia menjelaskan, penyuluh pertanian sendiri mempunyai tugas memberikan dorongan kepada petani agar mau mengubah cara berpikir, cara kerja dan cara hidup yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman, yakni perkembangan teknologi pertanian yang lebih maju.


 


Selain itu, peran penyuluh juga dimaksudkan untuk memberikan pendampingan kepada para petani dalam bertani dan memberikan atau mencarikan solusi jika terjadi permasalahan yang dialami oleh masyarakat petani.


 


“Penyuluh juga berfungsi sebagai penghubung antara petani kepada pemangku kepentingan atau pembuat kebijakan, memberikan informasi dari dan untuk petani serta masih banyak yang lainnya. Sehingga memang keberadaan PPL ini sangat berpengaruh terhadap pemaksimalan produksi hasil pertanian,” jelasnya.


 


Politisi Partai Demokrat itu menambahkan, dengan adanya tenaga penyuluh pertanian tersebut diharapkan para petani bisa lebih semangat menjalankan usaha mereka di bidang pertanian sehingga dapat meningkatkan hasil mereka dan mewujudkan kesejahteraan.