TABE gelorakan ekonomi masyarakat lokal

id Pemkab bartim, barito timur, tabe, expo turan amis, raren batuah, kalteng, expo, perekonomian, umkm, produk daerah

TABE gelorakan ekonomi masyarakat lokal

Brosur yang disebarkan Panitia Pelaksana Turan Amis BUMDes Expo 2022. (ANTARA/HO-Pemdes Turan Amis)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Pemerintah Desa Turan Amis, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah siap menggelar Turan Amis BUMdes Expo (TABE) 2022 pada 18-19 Juni 2022.


 


“TABE ini untuk menggelorakan ekonomi masyarakat dalam bentuk promosi produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” kata Kepala Desa Turan Amis Leo dihubungi dari Tamiang Layang, Jumat.


 


Penyelenggaraan TABE 2022 dikarenakan masyarakat di Kecamatan Raren Batuah juga merasakan dampak pandemi COVID-19 secara ekonomi. Untuk itu, masyarakat sangat mengharapkan adanya pergerakan perekonomian menuju kebangkitan.


 


Sambutan antusias masyarakat itu muncul dan berupaya menjual produk olahan dari hasil bumi, makanan, minuman, dan sebagainya yang menjadi produk andalan desa setempat.


 


“TABE ini dilaksanakan di Objek Wisata DAM Turan Amis, yang menyajikan produk UMKM lokal bersamaan dengan hiburan masyarakat,” kata Leo.


 


Manfaat yang didapat diyakini cukup banyak, sebagai pendapatan desa, pendapatan BUMDes, penghasilan bagi warga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. 


 


Pemuda pemudi setempat juga dikaryakan untuk menambah pengetahuan, wawasan dan edukasi dalam pengelolaan UMKM hingga dikaryakan menjadi pengelola parkir pengunjung.


 


Sebanyak 16 UMKM yang ada di Kecamatan Raren Batuah ikut memeriahkan dan mempromosikan produk UMKM masing-masing. Jika ada pihak lain yang ingin mempromosikan produk UMKM, bisa berkoordinasi dengan pemerintahan setempat.


 


“Awalnya kami melaksanakan pameran UMKM yang hanya diikuti enam UMKM saja. Ada kunjungan rombongan Korem 102 saat pameran dan mengusulkan diadakan expo berskala besar,” kata Leo.


 


Pendamping Desa Turan Amis, Sunarsih Sinang mengusulkan kata TABE yang merupakan asal kata dari bahasa Dayak, yang memiliki arti sebagai salam yang menyatakan hormat. TABE juga dijabarkan sebagai Turan Amis BUMDes Expo.


 


“Masyarakat sangat mengharapkan sekali TABE 2022 dibuka secara resmi oleh Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas,” kata Leo.