Kejari Kobar optimalkan mobil penyuluhan hukum keliling

id Kejari Kobar operasikan mobil penyuluhan hukum keliling, kalteng, kobar, Kotawaringin barat, kejari kobar

Kejari Kobar optimalkan mobil penyuluhan hukum keliling

Mobil penyuluh hukum keliling milik Kejari Kobar saat berada di CFD Pangkalan Bun, Minggu (27/11/2022) ANTARA/HO-Kejari Kobar

Pangkalan Bun  (ANTARA) - Kejaksaan Negeri Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah mengoperasikan mobil penyuluh hukum yang baru diluncurkan agar lebih mudah menjangkau tempat-tempat keramaian untuk memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat. 

Mobil penyuluhan hukum ini diluncurkan untuk melakukan jemput bola langsung dan memberikan bantuan hukum serta sosialisasi kepada masyarakat, ujar Kepala Kejari Kobar Makrun melalui Kepala Seksi Intel Pandu Nugrahanto di Pangkalan Bun, Kamis. 

"Mobil penyuluh ini hadir pada kegiatan Car Free Day di Pangkalan Bun Park akhir pekan kemarin. Petugas kami membagikan brosur dan melakukan sosialisasi berkaitan masalah hukum kepada masyarakat," ujar Pandu. 

Dijelaskan Pandu, melalui mobil penyuluhan hukum keliling, Kejari Kobar menyajikan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat Kobar. Diantaranya pelayanan hukum berupa konsultasi hukum gratis, pengambilan tilang, serta Pos Kesehatan Adhyprima yang disediakan agar masyarakat bisa mendapat pemeriksaan kesehatan gratis. 

"Kita ini masyarakat merasa dekat dengan adanya mobil penyuluh keliling ini, sehingga masyarakat tidak harus ke kantor Kejari untuk konsultasi tentang hukum. Selain itu bisa lebih mengenal produk-produk atau fasilitas apa saja yang ada di kejaksaan negeri," ujarnya. 

Baca juga: Kobar Expo 2022 siap suguhkan kemeriahan

Selain itu, dengan adanya mobil penyuluh hukum keliling ini juga sebagai upaya Kejari Kobar dalam memaksimalkan memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Kobar. 

"Kami ingin menyasar dan memberikan sosialisasi secara langsung dan maksimal, selain itu juga kami juga berharap adanya masukan atau saran dari masyarakat untuk memaksimalkan kinerja dari kami dalam memberikan pelayanan publik," katanya. 

Terbukti pada saat CFD tersebut, warga yang bersantai sambil berolahraga menyempatkan diri mendatangi mobil penyuluhan hukum. Hal ini menunjukkan antusiasme yang luar biasa warga terhadap kehadiran mobil pelayanan keliling ini. 

"Rencananya tidak hanya di lokasi CFD saja yang menjadi sasaran Kejari Kobar, tetapi juga mendatangi di beberapa perdesaan maupun sekolah-sekolah. Upaya ini agar masyarakat juga lebih terbantu dengan adanya mobil penyuluhan hukum ini," demikian Pandu.

Baca juga: Pj Bupati Kobar dorong Korpri berpartisipasi cegah potensi konflik jelang pemilu

Baca juga: Pemkab Kobar ingin pengembangan cabang olahraga air lebih dimaksimalkan

Baca juga: Akibat alih fungsi hutan, dua individu orang utan masuk permukiman warga di Seruyan