Waspadai aksi pencurian selama Ramadhan

id DPRD Palangka Raya,PAlangka Raya,Kalteng,Sigit K Yunianto,Ramadhan,Pencurian,POlresta Palangka Raya

Waspadai aksi pencurian selama Ramadhan

Ilustrasi-Pembobolan rumah oleh pencuri (Ilustrasi/istimewa)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto meminta masyarakat mewaspadai aksi pencurian rumah kosong selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"Tindak kejahatan pencurian rumah kosong yang ditinggal pemiliknya beribadah shalat tarawih harus diwaspadai," kata Sigit K Yunianto di Palangka Raya, Rabu.

Dia menuturkan, ketika masyarakat yang beragama Islam hendak melaksanakan ibadah shalat tarawih di masjid atau mushola di kompleks perumahannya, jangan pernah lupa mengunci pintu atau jendela rumahnya.

Baca juga: Ayo nikmati paket 'Bagarakan Ramadan' di Neo Palma Palangka Raya

Apabila diperlukan, maka juga disarankan menggunakan kunci tambahan. Juga melengkapi rumahnya dengan CCTV (closed circuit television).

Selain itu dia mengingatkan masyarakat, memerhatikan alat-alat elektronik sebelum meninggalkan rumah guna mencegah bahaya kebakaran. Sebab penyebab kebakaran yang terjadi pada bangunan rumah atau gedung di Kota Palangka Raya, kerap diduga akibat korsleting arus pendek listrik.

"Maka dari itu sebaiknya dicabut saja aliran listrik barang elektronik yang ada di rumah seperti tempat penanak nasi elektronik dan lainnya, untuk menghindari peristiwa kebakaran tersebut," jelasnya.


Baca juga: Gedung LPPM UPR terbakar diperkirakan kerugian miliaran rupiah