DPRD Palangka Raya minta pemkot benahi infrastruktur hadapi arus mudik

id DPRD Palangka Raya minta pemkot benahiinfrastruktur hadapi arus mudik, kalteng, Palangka raya, lebaran

DPRD Palangka Raya minta pemkot benahi infrastruktur hadapi arus mudik

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto. ANTARA/Dokumen

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah meminta pemerintah kota mempersiapkan dan membenahi berbagai infrastruktur dalam menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi ini. 

"Pemerintah harus benar-benar mempersiapkan jalur mudik yang akan dilalui masyarakat dengan baik dan nyaman," ujar Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto. Jumat. 

Sigit menjelaskan, Pemerintah Kota Palangka Raya dapat merealisasikan perbaikan demi kenyamanan dan keamanan para pengendara ketika berkendara. Dia mewanti-wanti jangan sampai ada infrastruktur yang rusak saat arus mudik karena bisa membahayakan masyarakat. 

"Harus dari sekarang mempersiapkan, misalnya melakukan pengecekan penerang jalan, jalan-jalan yang rusak dan memasang himbauan-himbauan atau rambu-rambu di beberapa titik," ucapnya. 

Dikatakan Sigit, dalam menghadapi arus mudik 2023 ini, tentunya ia akan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, misal Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Kepolisian dan lainnya. 

Baca juga: Palangka Raya intensifkan operasi pasar kendalikan harga bahan pokok

"Tentunya kita akan terus berkoordinasi dalam mempersiapkan arus mudik tahun ini, sehingga kita tau apa saja permasalahan di lapangan dan tindakan yang harus kita lakukan," ucapnya. 

Diterangkannya, Kota Palangka Raya merupakan jalur utama bagi pemudik menuju beberapa daerah, misalnya ke arah Pangkalan Bun, Sampit, Banjarmasin, bahkan ke Kalimantan Barat. Jadi kita harus benar-benar mempersiapkan semuanya untuk kenyamanan pemudik. 

"Tentu akan ada peningkatan arus kendaraan saat musim mudik nanti, jadi untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan perlunya perbaikan infrastruktur jalan dan penerangan jalan umum (PJU)," ucap kader PDIP tersebut. 

Selain untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengguna jalan saat mudik. Perlunya penerangan jalan juga bertujuan untuk menghindari terjadinya tindak kriminal. 

"Kami harap dinas-dinas terkait bisa lebih fokus dalam melakukan pengawasan infrastruktur jalan dan penerang jalan dalam menghadapi arus mudik tahun ini," harap Sigit. 

Baca juga: Legislator Palangka Raya dorong optimalisasi sektor pertanian kendalikan inflasi

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta terus maksimalkan pengelolaan pariwisata

Baca juga: Legislator apresiasi Pemkot Palangka Raya gelar pasar murah