Kumpulan menu makan malam yang baik untuk kesehatan jantung

id Menu makan,makan malam,Makanan sehat,makan malam sehat

Kumpulan menu makan malam yang baik untuk kesehatan jantung

Ilustrasi makanan sehat. (ANTARA/Pexels/Jane Doan)

Jakarta (ANTARA) - Seorang ahli jantung Dr. Elizabeth Klodas mengatakan nutrisi adalah salah satu faktor terpenting untuk menjaga kadar kolesterol tetap rendah dan kesehatan jantung Anda.
 
Insider, Senin (24/4), melaporkan bahwa The American Heart Association menyebut mengonsumsi makanan "diet jantung sehat" penting untuk mengelola tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, termasuk mengurangi asupan daging merah dan makan banyak buah, sayuran, dan biji-bijian.
 
Klodas mengatakan semakin dia menyelidiki informasi tentang nutrisi dan penyakit kardiovaskular, semakin dia percaya bahwa pola makan nabati adalah jawaban untuk jantung yang sehat.

Baca juga: Peneliti sarankan konsumsi makanan sehat untuk jaga kesehatan jantung
 
Menu pertama yang bisa dicoba untuk kesehatan jantung jantung adalah mengonsumsi salad dengan tambahan ikan seperti salmon dan telur. Untuk saus, bisa menggunakan minyak zaitun dan cuka.
 
Meskipun pola makan berbasis nabati masih sulit diterapkan oleh sebagian orang, penelitian menunjukkan bahwa pola makan vegan tersebut dapat menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan gagal jantung, terutama pada usia paruh baya, dan menurunkan kadar kolesterol pada wanita pascamenopause sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.
 
Makanan kedua, yang juga sehat untuk jantung adalah salmon dengan sayur. Salmon bisa disajikan dengan dipanggang bersama sayur-sayuran.

Daging ayam juga bisa menjadi alternatif untuk menggantikan salmon.
 
Menu selanjutnya adalah pasta, yang juga baik bagi kesehatan jantung. Seorang ahli jantung sebelumnya mengatakan kepada Insider bahwa karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah dan pasta gandum secara langsung terkait dengan kesehatan jantung yang lebih baik.
 
Pasta bisa diolah dengan saus pesto, atau saus pasta tomat yang disajikan dengan udang.
 
Menu keempat, untuk mengganti daging merah, seseorang bisa menggunakan ayam untuk menambah variasi makanan yang ramah jantung. Tambahkan juga bumbu yang disukai untuk meningkatkan cita rasa makanan.
 
Menurut Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) atau Pendekatan Diet untuk Menghentikan Hipertensi yang direkomendasikan oleh AHA, membatasi daging merah untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Daging tanpa lemak, seperti unggas, dan ikan lebih dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung.