Nyobolt dapat mengisi penuh mobil listrik dalam enam menit

id Nyobolt,mobil listrik,charger

Nyobolt dapat mengisi penuh mobil listrik dalam enam menit

Ilustrasi Nyobolt EV. (nyobolt.com)

Jakarta (ANTARA) - Mengisi daya mobil listrik dalam hitungan menit akan segera menjadi kenyataan berkat teknologi baterai yang dirintis oleh perusahaan teknologi asal Inggris.

Mengutip laman Drive pada Minggu (18/6), teknologi bernama Nyobolt, yang bekerja sama dengan mantan bos desain Jaguar-Land Rover Ian Callum, telah mengungkapkan teknologi baterai baru dalam mobil konsep sporty.

Mobil ini memiliki lampu depan LED, kaca spion kamera, diffuser yang ramping, dan elemen lain yang berkontribusi pada efisiensi aerodinamisnya.

Dibandingkan dengan EV lithium-ion biasa yang diproduksi sekarang, EV Nyobolt menggunakan baterai anoda tungsten yang memungkinkan pengisian cepat.

Sel-sel baterai ini diklaim dapat bertahan sekitar 2000 siklus pengisian daya dan potensi masa pakai baterai lebih dari 480.000 km.

Baca juga: Startup baterai pengisian cepat Inggris Nyobolt hasilkan Rp885 miliar

Baterai 35kWh yang ringan dikatakan memungkinkan tingkat pengisian ulang 10C, yang berarti bahwa sel dapat mengisi daya 10 kali lipat dari kapasitas yang dinyatakan dalam Amp hours.

Menurut perusahaan Inggris, teknologi baterai 35kWh-nya dapat memberikan jarak tempuh maksimum 250 km dan dapat diisi ulang dari keadaan kosong dalam waktu kurang dari enam menit.

Sebagai perbandingan, Kia EV6 yang mampu mengisi daya 350kW dalam enam menit hanya dapat menempuh jarak sekitar 120 km. 

Start-up Inggris mendapatkan dana 50 juta euro atau sekitar Rp 820 miliar tahun lalu untuk mendirikan pabrik pembuatan baterai di Inggris. Perusahaan merencanakan teknologi baterai uniknya akan memasuki produksi pada awal 2024.

Nyobolt EV diklaim mengkonsumsi energi pada tingkat 14.3kWh/100km (mirip dengan Tesla, di ujung rentang mobil listrik yang lebih hemat).