Atasi rambut rontok dengan minyak rosemary

id rambut rontok,minyak rosemary

Atasi rambut rontok dengan minyak rosemary

Ilustrasi rambut rontok. (ANTARA/Pixabay/pimnana)

Jakarta (ANTARA) - Ramuan herbal dari minyak atsiri rosemary bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok menurut pakar perawatan kulit holistik Jennifer Davis Alexander.

Rambut rontok mungkin pernah dialami sebagian besar orang. Faktor-faktor stres menjadi salah satu kontribusi terhadap kerontokan rambut, seperti dilaporkan laman Insider, Minggu (10/9).
 
Minyak rosemary telah digunakan secara tradisional selama ratusan tahun dalam persiapan kecantikan selama berabad-abad.
 
Minyak rosemary berkhasiat sebagai penyembuhan termasuk perlindungan panas, penyembuhan luka, dan pertumbuhan rambut. Setidaknya satu penelitian menemukan bahwa ramuan herbal itu sama efektifnya dengan obat penumbuh rambut yang disetujui oleh Food and Drug Administration untuk mengatasi kerontokan rambut wanita.
 
Cara membuat ramuan herbal untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan memanaskan rosemary organik, daun salam, dan fenugreek dalam minyak alpukat. Setelah dingin, tambahkan minyak esensial rosemary organik dan minyak esensial bay yang dibeli di toko dan simpan dalam botol kaca.

Baca juga: Konsumsi makanan bernutrisi untuk atasi rambut rontok
 
Minyak rosemary dapat dipakai setiap malam dengan mengoleskannya segera setelah selesai mandi ketika kulit kepala masih lembap sehingga minyak lebih mudah menyebar. Kemudian, pijat kulit kepala untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menyehatkan folikel rambut.
 
Penggunaan yang konsisten akan memberi hasil yang positif, kurang lebih selama empat hingga enam bulan. Selain menggunakan minyak rosemary, Alexander juga menyarankan untuk melakukan praktik pengurangan stres termasuk meditasi harian, aromaterapi, dan waktu di luar ruangan.
 
Konsumsi juga suplemen vitamin D, terlebih pada wanita yang mengalami rambut rontok setelah melahirkan. Perbaikan pola tidur dan memprioritaskan kebahagiaan diri dengan melakukan hal favorit menjadi salah satu upaya meredakan stres dan mengurangi kerontokan.

Baca juga: Cara mengurai rambut kusut agar tidak mudah rusak

Baca juga: Ini solusi perawatan rambut agar tidak rusak karena polusi udara

Baca juga: Kenali hubungan antara minuman manis dan rambut rontok