Konsumsi makanan bernutrisi untuk atasi rambut rontok

id makanan bernutrisi ,rambut rontok

Konsumsi makanan bernutrisi untuk atasi rambut rontok

Ilustrasi rambut rontok (ANTARA/Shutterstock/ShotPrime Studio)

Jakarta (ANTARA) - Rambut rontok adalah masalah umum karena kelembaban yang berlebihan di lingkungan. Hal itu bisa menyebabkan rambut berminyak, kulit kepala gatal, ketombe, dan folikulitis yang akhirnya dapat menimbulkan rambut rontok.
 
Sama seperti tubuh Anda, rambut Anda juga membutuhkan nutrisi tambahan untuk mengatasi kondisi cuaca. Mengonsumsi makanan yang tepat dapat menutrisi dan memperkuat folikel rambut serta mencegahnya pecah.
 
Kurangnya nutrisi yang tepat, termasuk vitamin A, C, D, dan E, seng, vitamin B, zat besi, biotin, protein, dan asam lemak esensial, dapat memperlambat pertumbuhan rambut bahkan menyebabkan kerontokan rambut.
Ahli Gizi Lovneet Batra memberikan saran makanan untuk mencegah rambut rontok seperti disiarkan Hindustan Times pada Senin (17/7) waktu setempat.
 
1. Bayam
 
Bayam sangat baik untuk kesehatan rambut karena merupakan sumber zat besi, Vitamin A & C, asam lemak Omega-3, dan magnesium yang baik. Ini membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut berkilau.
 
2. Kacang lentil
 
Ada alasan mengapa kacang-kacangan dan lentil dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari diet harian Anda. Menambahkannya ke dalam diet dapat membantu memperkuat rambut Anda dan mendorong pertumbuhan kembali. Kacang lentil adalah sumber protein, zat besi, seng, dan biotin yang sangat baik. Mereka juga sarat dengan Vitamin B dan C yang penting untuk memulihkan kesehatan rambut.
 
3. Kenari
 
Selain sebagai makanan otak, kenari juga merupakan makanan rambut yang luar biasa. Kenari mengandung biotin, Vitamin B (B1, B6, B9), Vitamin E, banyak protein dan magnesium, semuanya memperkuat kutikula rambut dan menyehatkan kulit kepala.
4. Yoghurt
 
Yoghurt dikemas dengan Vitamin B5 dan Vitamin D yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan folikel rambut. Ini bisa diaplikasikan pada rambut yang dicampur dengan telur, madu atau lemon. Sebaiknya juga dikonsumsi dalam bentuk raita atau buttermilk secara rutin untuk kesehatan rambut.
 
5. Oat
 
Menambahkan biji-bijian yang sehat dan berserat ke dalam makanan penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Oat kaya akan serat, zinc, zat besi, asam lemak omega-3, dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang merangsang pertumbuhan rambut.
 
6. Stroberi
 
Stroberi bisa menjadi tambahan lain dalam daftar makanan super lezat untuk rambut. Stroberi mengandung kadar silika yang tinggi. Silika mungkin merupakan trace mineral yang penting untuk kekuatan rambut dan pertumbuhan rambut.
 
7. Ubi jalar
 
Beta karoten melindungi dari rambut kering dan kusam serta menstimulasi kelenjar di kulit kepala Anda dan ubi jalar adalah sumber yang sangat baik untuk rambut.

Baca juga: Kenali hubungan antara minuman manis dan rambut rontok

Baca juga: Apa penyebab kebotakan berpola?

Baca juga: Kesalahan yang sering terjadi saat menggunakan kondisioner