Tips membuat rambut 'mermaid' ala Kate Middleton, langsung dari penatanya

id Kate middleton,rambut mermaid,penata rambut

Tips membuat rambut 'mermaid' ala Kate Middleton, langsung dari penatanya

Kate Middleton (Getty Images)

Jakarta (ANTARA) - Rambut putri duyung atau “mermaid” yang tampak panjang terurai namun bergelombang, tengah menjadi tren di media sosial sejak beberapa waktu ke belakang.

Gaya rambut ini dapat memberi wanita terkesan lebih “bold” atau berani dan tegas, seperti Princess of Wales Kate Middleton, yang sering keluar dengan gaya rambut tersebut.

Dilansir Dailymail UK, Kamis (14/9), penata rambut selebritas Richard Ward, yang pernah bekerja dengan Kate di masa lalu, membagikan rahasia meniru gaya rambut mengkilap ibu dari Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis itu.

Baca juga: Tips mendapatkan rambut menawan ala salon

Ward menyebut bagian tengah dari gaya ini yang berlapis panjang dan bertingkat dapat membingkai wajah. Panjangnya juga sangat serbaguna karena wanita dengan rambut ini juga dapat membelahnya ke samping.

“Rambut gelap lebih memantulkan cahaya dibandingkan rambut pirang, itulah sebabnya gaya ini membuat rambut terlihat sangat berkilau, sehat, dan menawan,” ujar Ward.

Meski begitu, Ward mengatakan tentu saja seseorang tidak bisa berpura-pura memiliki rambut yang sehat dan terhidrasi, hal itu tergantung perawatan yang dilakukan setiap hari dan setiap minggu, seperti masker rambut.

“Menurutku, dengan sampo dan kondisioner, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Di salon, kami merekomendasikan Oribe dan Shu Uemura, namun meskipun tidak mampu membeli merek tersebut, cobalah membeli yang terbaik yang Anda mampu,” kata dia memberi rekomendasi.

Baca juga: Mulai tabung pita, bakal jadi tren rambut 2024

Meski indah dan terlihat sederhana, Ward mengatakan gaya rambut “mermaid” bukan gaya yang bisa dicoba jika tengah terburu-buru. Tidak bisa hanya mencuci rambut, mengeringkannya secara kasar, dan menyetrika rambut dengan catok jika ingin tampil seperti Kate, katanya.

Pertama-tama, rambut harus dikeringkan sehalus mungkin, menghilangkan semua rambut kusut dan menggulung.

“Setelah keramas, saya mengeringkan rambut dengan handuk dan mengoleskan sesuatu seperti minyak argan untuk membantu menghaluskan panjangnya. Lalu, saya akan mengeringkannya dalam beberapa bagian, menggunakan sisir bundar sampai mendapatkan rambut yang sangat halus,” jelas Ward.

Baca juga: Benarkah mencuci rambut setelah diwarnai bikin cepat pudar?

Pertama-tama, mulai lah dengan menyingkirkan pinggiran poni hingga tidak menghalangi, lalu kerjakan separuh kepala sekaligus, membagi setiap sisi menjadi empat atau lima bagian.

“Semprotkan masing-masing bagian menggunakan semprotan penahan tahan panas, saya suka L'Oreal Professionnel Tecni-Art Constructor, dan dengan menggunakan hair curler ukuran sedang, buat ombak mengarah ke bawah dengan longgar menjauh dari wajah,” kata Ward.

Namun, dia menunjukkan, rahasia yang membuat gaya rambut ini terlihat sangat modern adalah tidak mencatok dan membuat gelombang dari atas telinga, melainkan mulai dari tengah atau bawahnya.

“Kamu punya potongan yang sangat panjang dan lurus sebelum diombak, kemudian jangan dikeriting, buat ombak jauh lebih longgar, jadi kamu hanya membungkusnya sekitar tiga kali (tiap bagian),” ujarnya.

Baca juga: Tips perawatan rambut ala Patricia Gouw

Setelah mendapatkan gelombang cantik, Ward menyarankan untuk ambil rambut dengan longgar sekitar tiga jari dan sematkan ke kepala dengan klip panjang, sebelum diakhiri dengan sedikit hairspray.

“Saat menggunakan panas pada rambut, itu mengubah cara molekul-molekul di dalamnya duduk bersama, jadi kunci dari gelombang yang panjang adalah membiarkannya mendingin selama mungkin. Semakin lama membiarkannya dijepit hingga mendingin, semakin lama pula bentuknya bertahan kelak,” Ward menjelaskan.

Setelah berhasil membuat gelombang dan menjepit bagian di kedua sisi, sisir poni ke depan, lalu catok kembali ujungnya menjauhi wajah.

Saat siap meninggalkan rumah, cabut semua penjepit lalu gunakan sisir bergigi jarang atau lebar untuk menyisir seluruh rambut, dan ratakan bagian-bagiannya, lalu akhiri lagi dengan sedikit hairsprayVoila, ombak putri duyung dewasa ala Kate Middleton.