Suparni Yati persembahkan medali pertama Indonesia

id Suparni Yati,atletik,medali pertama,indonesia,asian para games 2022,hangzhou,china

Suparni Yati persembahkan medali pertama Indonesia

Suparni Yati dalam pertandingan Women's Shot Put F20 cabang olahraga para atletik Asian Para Games Hangzhou 2022 di Huanglong Sports Center Stadium, Hangzhou, Tiongkok, Senin (23/10/2023). Suparni berhasil meraih medali perak dengan lemparan sejauh 11,12 meter (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Hangzhou, China (ANTARA) - Atlet Para atletik Suparni Yati mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia di Asian Para Games 2022 Hangzhou, Senin.

Suparni meraih medali perak di nomor tolak peluru F20 pada pertandingan yang digelar di Huangdong Sports Centre Stadium, China.

Catatan terbaik Suparni adalah 11.12 dari enam kali percobaan. Sementara, medali emas diraih oleh atlet Para atletik Jepang Reina Hori dengan skor 11.93. Lalu, medali perunggu menjadi milik wakil Malaysia Noor Imanina Binti Idris dengan skor 11.08.

Sementara itu, pada hari pertama Asian Para Games 2022 Hangzhou ini, para atlet Indonesia mengikuti sejumlah pertandingan cabang olahraga. Selain Para atletik, ada pula Para renang, Para angkat berat, Para balap sepeda, blind judo, dan lawnbowls.

Di cabang Para angkat berat, ada Abdul Hadi yang turun di nomor 49 kg putra, namun, ia masih belum berhasil mengamankan satu medali buat Indonesia di debut Asian Para Games-nya.

Hal itu menyusul tiga beban angkatan yang dinyatakan tidak sah (no lift) oleh para juri, sedangkan beberapa pesaingnya tampil kuat, di antaranya peraih medali emas Paraolimpiade 2020 Tokyo Omar Sami Hamadeh Qarada dari Yordania dan pemegang rekor dunia Le Van Cong dari Vietnam.

Di sisi lain, medali emas pertama di Asian Para Games edisi keempat ini berhasil diraih oleh atlet tuan rumah Xie Maosan di cabang mendayung kanoe KL1 putri.

Asian Para Games 2022 Hangzhou masih akan bergulir hingga Sabtu (28/10).

Baca juga: Keindahan Hangzhou jadi sorotan pembukaan Asian Para Games

Baca juga: Asian Para Games Hangzhou resmi dibuka Wakil PM China

Baca juga: Pembukaan APG Hangzhou, Riadi Saputra jadi pembawa bendera Indonesia

Baca juga: Fei Fei maskot pembawa kebahagiaan Asian Para Games Hangzhou