Kegiatan operasi pasar upaya tekan inflasi di Palangka Raya

id operasi pasar Palangka Raya,Samsul Rizal,Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya

Kegiatan operasi pasar upaya tekan inflasi di Palangka Raya

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Samsul Rizal saat melayani masyarakat pada kegiatan operasi pasar murah yang dilaksanakan di Kelurahan Bukit Tunggal beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Hera Nugrahayu mengatakan operasi pasar murah yang dilaksanakan di beberapa titik daerah setempat untuk upaya menekan terjadinya inflasi.

"Selain membantu masyarakat kurang mampu kegiatan operasi pasar juga salah satu untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menekan terjadinya inflasi di daerah kita," kata Hera di Palangka Raya, Rabu.

Dia menuturkan, pada operasi pasar murah tersebut Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Palangka Raya menyediakan paket sebanyak 400 paket sembako murah.

Bahkan harga normal dalam paket yang berisi lima kilogram beras, dua kilogram gula pasir dan dua liter minyak goreng tersebut di pasar tradisional sebesar Rp150 ribu.

"Namun paket tersebut dijual hanya Rp100 ribu saja dan disubsidi pemerintah sebesar Rp50 ribu," katanya.

Selain paket sembako kegiatan serupa juga sering dilaksanakan dan saat itu juga menjual gas elpiji 3 kilogram. Gas elpiji yang dijual ke masyarakat sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp22 ribu per tabungnya.

"Satu orang satu paket atau tabung gas dan tidak boleh lebih, agar seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat dari kegiatan tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya Samsul Rizal menuturkan, pihaknya juga akan gencar melakukan kegiatan tersebut ke masyarakat yang berada di lima kecamatan di kota setempat.

Apalagi juga ada perintah dari Presiden Joko Widodo bahwa pemkot/kabupaten di setiap daerah melaksanakan operasi pasar murah yang tujuannya untuk membantu masyarakat.

"Salah satunya ini juga melaksanakan apa yang disampaikan oleh bapak presiden kita sehingga kegiatan operasi pasar yang sejak awal tahun 2023 sudah dilaksanakan, terus kami gencarkan sehingga menekan terjadinya laju inflasi di daerah," demikian Samsul Rizal.

Berdasarkan pantauan di lapangan, operasi pasar murah yang dilaksanakan di Komplek pemukiman warga Jalan Kecipir antusias nya cukup tinggi.

Bahkan masyarakat rela mengantre hanya untuk mendapatkan paket sembako murah yang disediakan oleh pemkot setempat.