Kim Jong Un : Pentingnya perkuat AL untuk persiapan perang

id Kim Jong Un,Angkatan laut,persiapan perang

Kim Jong Un : Pentingnya perkuat AL untuk persiapan perang

(Foto tanpa tanggal) Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri depan) meninjau galangan kapal di Nampo, Korea Utara. (ANTARA/Kyodo)

Beijing (ANTARA) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menekankan pentingnya memperkuat pasukan angkatan laut negara itu dan menyebutnya "masalah penting" untuk meningkatkan "persiapan perang," saat mengunjungi galangan kapal, demikian menurut media pemerintah setempat pada Jumat.

Seruannya untuk memodernisasi industri pembuatan kapal di negaranya saat berkunjung ke galangan kapal di kota Nampo bagian barat itu dilakukan ketika Pyongyang berulang kali mengecam pengiriman kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat ke Korea Selatan baru-baru ini.

Kantor Berita Sentral Korea tidak mengatakan kapan Kim mendatangi galangan kapal tersebut, namun diketahui pemimpin pemerintahan itu mendapatkan laporan rinci mengenai pembuatan beberapa kapal perang dan meminta penyelesaian rencana pertahanan nasional lima tahun mulai tahun 2021 yang mencakup pengembangan kapal selam nuklir.

Kim menekankan bahwa memperkuat industri pembuatan kapal negara itu adalah "jaminan dan prasyarat penting" untuk menerapkan kebijakan Partai Buruh Korea yang berkuasa dalam membangun pertahanan nasional dan perekonomian, kata KCNA.

Minggu lalu, Kim meninjau uji tembak rudal jelajah strategis yang diluncurkan dari kapal selam dengan pejabat senior angkatan laut dan partai yang berkuasa dan mengarahkan tugas-tugas yang harus diselesaikan terkait pembangunan kapal selam bertenaga nuklir dan kapal perang tipe baru lainnya, menurut kantor berita tersebut.

Sumber: Kyodo-OANA