Donor darah PWI Kalteng kumpulkan 92 kantong

id PWI Kalteng ,Donor Darah,Palangka Raya

Donor darah PWI Kalteng kumpulkan 92 kantong

Kegiatan donor darah memperingati HPN ke-78 yang dilaksanakan di balai PWI Kalteng, Jumat (9/2/2024). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Kegiatan donor darah di momentum memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-78 yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng di balai PWI setempat Kota Palangka Raya, berhasil mengumpulkan 92 kantong darah.

Ketua PWI Kalteng M Zainal di Palangka Raya, Jumat, mengatakan sebenarnya jumlah pendonor tercatat oleh panitia sebanyak 110 orang hanya saja yang dinyatakan lolos untuk melaksanakan donor darah dari petugas Palang Merah Indonesia (PMI) hanya 92 orang karena memenuhi persyaratan yang wajib dipenuhi. 

"Total dari keseluruhan yang mendonorkan darahnya yakni 50 orang dari Yonif Raider 631/ATG dan sisanya masyarakat umum," kata Zainal di Palangka Raya. 

 Ketua PWI Kalteng menuturkan, kegiatan donor darah tersebut bertujuan untuk membantu PMI setempat memenuhi kebutuhan darah yang hampir setiap harinya selalu di cari oleh masyarakat yang selama ini ada sanak keluarganya sedang menjalani operasi di rumah sakit.
 

Dengan kegiatan donor darah seperti ini setidaknya pengurus PWI Kalteng sudah berusaha mencoba membantu untuk memenuhi ketersediaan darah di Palangka Raya, karena setiap bulannya memerlukan ratusan kantong darah untuk masyarakat yang memerlukannya. 

 "Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat, terutama merek yang membutuhkan darah untuk sanak keluarganya nya yang sedang sakit," ucapnya. 
 
Ditambahkan Zainal, kegiatan donor darah seperti ini tentunya akan dilaksanakan kembali oleh PWI Kalteng yang mana direncanakan pada Maret 2024. Terkait tanggal berapa dan lokasinya dimana tentunya nanti akan pengurus PWI akan memberikan kabar kepada masyarakat luas, sehingga bagi mereka yang semula gagal melaksanakan donor darah bisa kembali mendonorkan darahnya untuk masyarakat yang memerlukan.
 
"Insya Allah kegiatan seperti ini dan manfaatnya sangat baik sekali untuk masyarakat akan kita laksanakan kembali di Maret 2024," beber Zainal. 
 
Di lokasi donor antusias pendonor cukup tinggi, bahkan mereka yang memberikan darahnya untuk masyarakat yang memerlukan  juga dibagikan paket sembako.

Tidak hanya itu, pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan zoom dengan PWI pusat dalam rangka peringatan HUT ke-78 PWI dan HPN yang langsung dipimpin oleh Ketua PWI Hendri CH Bangun.