Waket DPRD Kalteng mendaftar ke PDIP dan Nasdem jadi bacagub di Pilkada 2024

id Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Partai Golkar, Abdul Razak, kalteng, pilkada kalteng, kalimantan tengah

Waket DPRD Kalteng mendaftar ke PDIP dan Nasdem jadi bacagub di Pilkada 2024

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak saat menyerahkan berkas pendaftaran ke DPD PDIP Kalteng di Palangka Raya, Selasa (30/4/2024). ANTARA-HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah sekaligus politisi senior Partai Golongan Karya (Golkar) Abdul Razak, mendaftar ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasdem, agar dapat diusung sebagai bakal calon gubernur dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

Mendaftar ke kedua partai politik itu karena berangkat dari kebersamaan, kata Abdul Razak usai menyampaikan berkas pendaftaran sebagai bacagub kepada Pengurus DPD PDIP Kalteng dan DPW Nasdem Kalteng di Palangka Raya, Selasa.

"Semakin banyak parpol yang mengusung saya maju di Pilkada Kalteng, tentunya semakin baik," tambah pria yang juga menjabat Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Kalteng itu.

Mengenai bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi di Pilkada Kalteng, menurut dia, harus memenuhi tiga kriteria, yakni berumur lebih muda dari dirinya, berpengalaman dibidang pemerintahan dan birokrasi, serta berkontribusi dalam menambah dukungan maupun perolehan suara.

"Kalau hanya menumpang kepada saya, ya tidak bisa. Jadi, ketiga kriteria itu sangat membantu," ucap Abdul Razak.

Pendaftaran Abdul Razak ke PDIP diterima oleh Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit K Yunianto dan Bendahara Wiyatno serta sejumlah pengurus. Sementara di Partai Nasdem, Abdul Razak diterima oleh Ketua DPW Nasdem Kalteng Faridawaty Darland Atjeh.

Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit K Yunianto memastikan bahwa berkas pendaftaran Abdul Razak sebagai bacagub di Pilkada Kalteng akan ditindaklanjuti oleh tim, dan diproses sesuai mekanisme partai.
Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak saat menyerahkan berkas pendaftaran ke DPW Nasdem Kalteng di Palangka Raya, Selasa (30/4/2024). ANTARA-HO.


Dirinya juga menegaskan bahwa PDIP tidak sepenuhnya mengikuti koalisi di Pusat, sehingga untuk di Provinsi Kalimantan Tengah terbuka dengan partai apapun. Sepanjang koalisi dan kerjasama itu sama-sama saling menguntungkan dan bertujuan untuk memajukan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

"Lebih indahnya memang kalau merah sama kuning itu gabung. Selesai. Jadi, berjuang dan berkarya. Tetapi kita lihat nanti seperti apa geopolitik di Kalteng," kata Sigit.

Sementara itu, Ketua DPW Nasdem Kalteng Faridawaty Darland Atjeh mengucapkan terimakasih kepada Abdul Razak yang telah mendaftar ke partai pihaknya. Sebab, selama ini Nasdem telah memantau Abdul Razak yang namanya masuk sebagai salah seorang Bacagub Kalteng di pilkada 2024.

"Kami akan menyampaikan nama pak Abdul Razak ke DPP Partai Nasdem. Yang memutuskan siapa nantinya diusung sebagai Bacagub Kalteng di Pilkada 2024, sepenuhnya berada ditangan DPP Partai Nasdem," kata Faridawaty.