DPRD Barut minta pemkab perhatikan kebutuhan fasilitas sanggar tarian

id mery rukaini,sanggar tari,ketua dprd,barut,barito utara,kalteng

DPRD Barut minta pemkab perhatikan kebutuhan fasilitas sanggar tarian

Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini.ANTARA/dokumen pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini meminta pemerintah daerah memperhatikan kebutuhan sanggar-sanggar budaya di daerah ini misalnya dengan membantu kebutuhan fasilitas-fasilitas pendukung, sehingga sangar-sangar tarian daerah bisa lebih baik lagi.

Perkembangan zaman saat ini dikhawatirkan dapat melunturkan minat anak-anak muda zaman sekarang di daerah ini untuk melestarikan tarian budaya daerah. 

"Untuk itu pemerintah daerah perlu mengalokasikan dana untuk membantu pembelian fasilitas – fasilitas pendukung sangar tari di daerah ini, sehingga bisa menarik minat generasi muda,” kata Mery Rukaini di Muara Teweh, Sabtu

Menurutnya, perkembangan seni tari di daerah Barito Utara memang sudah cukup baik. Namun untuk melestarikan, pemerintah daerah disarankan agar dapat mengadakan festival – festival terhadap tarian daerah di beberapa kecamatan.

“Adat dan kebudayaan lokal perlu untuk terus dilestarikan, agar jangan sampai menghilang dari bumi Iya Mulik Bengkang Turan. Diadakannya festival juga sekaligus untuk mencari bibit-bibit penari yang berbakat," kata Mery Rukaini.