Pj Bupati Barut dianugerahi Gelar Ningrat Kehormatan dari Keraton Solo

id gelar ningrat kehormatan,penjabat bupati,pakubuwono xiii,keraton surakarta,keraton solo,barut,barito utara,kalteng,kanjeng raden tumenggung,kanjeng ma

Pj Bupati Barut dianugerahi Gelar Ningrat Kehormatan dari Keraton Solo

Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis dan Ketua PKK kabupaten setempat Marsiana Muhlis menerima "Gelar Ningrat Kehormatan" sebagai Kanjeng Raden Tumenggung dan Kanjeng Mas Tumenggung dari Paku Buwono XIII Keraton Hadiningrat Solo di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (6/7/2024).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis dan Ketua PKK kabupaten setempat Marsiana Muhlis menerima "Gelar Ningrat Kehormatan" sebagai Kanjeng Raden Tumenggung dan Kanjeng Mas Tumenggung dari Pakubuwono XIII Keraton Hadiningrat Solo.

Pemberian penghargaan budaya Gelar Ningrat Kehormatan ini diserahkan oleh Raja Keraton Solo Sri Susuhanan Pakubuwana XIII  Raden Mas Suryo Partono di Keraton Kesunanan Hadiningrat Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu.  

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian acara Merayakan Upacara Sakral Kirab Pusaka dan Kebo Kyai Slamet Hari Besar 1 Suro Tahun Baru Islam 1446 Hijriah bertempat di Sasana Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo.

Penganugerahan Gelar Bangsawan Ningrat Kehormatan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat kepada tokoh yang dianggap berjasa dalam memperjuangkan kebudayaan dan kesenian daerah serta penggiat ekonomi dan sosial.

Pemberian gelar ini menunjukkan dalam melestarikan budaya dan kesenian di Kabupaten Barito Utara telah diakui oleh pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. 

Pihak keraton menilai, keduanya merupakan sosok yang memiliki integritas serta dedikasi tinggi atas keberhasilan membangun daerah dan berhasil memajukan kebudayaan dan adat istiadat di Barito Utara sehingga layak diberi gelar kehormatan tersebut.

Turut hadir beberapa tokoh yang mendapatkan Gelar antara lain Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Wakil Ketua BPK RI dan Bupati/ Walikota se-Indonesia.
 
Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis menyatakan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan, dan berjanji akan terus memperjuangkan kelestarian budaya dan seni Indonesia di Kabupaten Barito Utara.
 
Muhlis merasa sangat terhormat  dengan diberikannya gelar ini dari Keraton Surakarta. Upaya menjaga, melestarikan dan memajukan kebudayaan yang saya lakukan ternyata diapresiasi.

"Tentunya ini menjadi tanggung jawab dan amanah bagi saya untuk tetap terus melestarikan kebudayaan," kata Muhlis.
 
Dia mengatakan semenjak dilantik menjadi Penjabat Bupati Barito Utara pada 25 September 2023, terus berkomitmen melanjutkan perjuangan Nadalsyah (Bupati Barito Utara periode 2013-2018 dan 2018-2023) dalam pemajuan dan pelestarian budaya di Kabupaten Barito Utara.

"Ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Barito Utara ke-74  akan digelar Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan untuk Barito Utara Harmonis dengan berbagai keberagaman suku masyarakat yang ada serta untuk Barito Utara yang berkelanjutan," demikian Muhlis.