Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan seluruh stackholder atau pemangku kepentingan, untuk mengecek kesiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng yang dijadwalkan akan berlangsung pada 27 Januari 2016.

Rakor yang digelar di Aula Setda ini dihadiri Bupati Lamandau, Ir Marukan MAP, KPU Lamandau, Panwas, Kejaksaan, Polri dan TNI. Dalam rakor tersebut, masing-masing pihak terkait memaparkan kesiapan mereka.

Bupati Lamandau, Marukan mengatakan bahwa Rakor ini sangat penting dilaksanakan guna mengetahui sejauh mana kesiapan dalam menyelenggarakan Pilkada tahun ini, sehingga Pilkada yang damai dan berkualitas dapat diwujudkan.

"Rakor ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan pemungutan suara Pilkada Pilgub Kalteng pada 27 Januari 2016, sehingga Pilkada yang damai dan berkualitas dapat diwujudkan," katanya.

Selain itu, Ketua KPU Lamandau, Daang Padoma menyatakan, sampai saat ini secara umum untuk di Kabupaten Lamandau telah siap melaksanakan pemungutan suara Pilgub Kalimantan Tengah.

Untuk menghindari kecurangan pada saat perhitungan perolehan suara, setelah pemungutan suara, hasilnya akan langsung diumumkan dengan menempelkannya di tempat pemungutan suara (TPS) maupun di kantor desa. Bahkan, secepatnya akan diunggah ke website KPU.

"Secepatnya akan kita 'upload' (unggah) ke website KPU, Sehingga masyarakat akan bisa mengetahuinya," Ungkapnya.

Menanggapi pernyataan dari pihak KPU Lamandau, Bupati mengucapkan apresiasi dan terima kasih. Bahkan secara langsung menginstruksikan kepada para camat dan kepala desa untuk ikut mengsosialisasikannya kepada masyarakat.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih. Sedangkan untuk penghitungan suara yang dimasukkan ke website KPU, Saya berharap angka ataupun data merupakan angka yang valid," ucap Marukan

Sementara, dari pihak Kepolisian maupun TNI setempat menyatakan sudah siap untuk pengamanan pelaksanaan pilgub susulan ini.

Pewarta :
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024