Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persendian Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dalam waktu dekat ini segera memasang wifi gratis di sejumlah titik dan sering dikunjungi oleh masyarakat. 

Rencananya tiga dari lima titik pemasangan wifi itu berada di Taman Papan Tawilu dan Cafe Terapung Flamboyan bawah serta Dermaga Pelabuhan Rambang, kata Kepala Diskominfosantik Palangka Raya Aratuni D Djaban, Senin.

"Dua titik lagi rencananya di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), serta Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Palangka Raya," tambahnya.

Dikatakan, fasilitas wifi yang bakal di pasang di lima tempat itu merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial provider telekomunikasi yang berada di Kota Palangka Raya. 

"Pemkot hanya menyediakan tempat bandwithd atau lebar cakupan frekuensi untuk mengkaper bagi OPD yang belum mempunyai atau belum terkoneksi karena jaringan internetnya yang tidak ada," katanya. 

Mantan Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya menyebut, untuk batasan daya tampung serta kecepatan dari wifi gratis ini, mampu mencapai 50 Mega Byte Per Second (MBps), sehingga secara kebutuhan sudah cukup mampu, guna menampung dari beragam penggunaan oleh penggunanya.

"Pemasangan wifi gratis ini dikhususkan pada titik mobilitas keperluan masyarakat akan jaringan internet yang tinggi.Sehingga pemasangan wifi ini dapat membantu dalam segala hal positif," kata Aratuni.

Berdasarkan pantauan di lapangan beberapa taman di Kota Palangka Raya juga sudah memiliki wifi gratis, yang juga sudah dinikmati oleh masyarakat yang berkunjung di kawasan taman setempat. 

Tujuan dipasangnya wifi tersebut, tidak lain untuk mempermudah masyarakat dalam menggunakan jaringan internet baik berkumunikasi serta melakukan hal-hal lain sebagainya.

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024