DPRD Kalteng minta hasil reses perseorangan ditindaklanjuti pemprov

id Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Abdul Razak, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

DPRD Kalteng minta hasil reses perseorangan ditindaklanjuti pemprov

Suasana rapat paripurna DPRD Kalteng yang dipimpin Wakil Ketua I Abdul Razak di ruang rapat paripurna, Senin (6/5/2024). ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah provinsi, agar memberikan perhatian dan menindaklanjuti berbagai aspirasi maupun usulan yang diterima saat reses perseorangan.

Tindaklanjuti itu sangat penting karena menjadi jawaban dari kepercayaan konstituen terhadap para wakil rakyat, kata Abdul Razak saat memimpin rapat paripurna DPRD Kalteng dengan agenda penyampaian laporan reses Perseorangan dari masing-masing daerah pemilihan di Palangka Raya, Senin.

"Pemprov melalui satuan organisasi perangkat daerah (OPD) harus mencarikan solusi untuk setiap keluhan dan kebutuhan masyarakat yang disampaikan kepada DPRD Kalteng, khususnya saat reses  perseorangan," singkatnya.

Sementara itu, Juru bicara tim reses perseorangan DPRD Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, Kuwu Senilawati mengatakan, maksud dibuat dan disusunnya laporan itu untuk diketahui, dievaluasi, dikaji dan ditindaklanjuti baik oleh Pemprov dan pemerintah kabupaten/kota.

Apalagi dalam melaksanakan reses perseorangan, baik pimpinan maupun anggota DPRD Kalteng, bukan hanya kembali ke dapil masing-masing, tetapi juga diberikan tema sesuai kondisi wilayahnya. Dengan begitu, apapun aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat, menjadi salah satu bahan bagi pemda, baik provinsi maupun kabupaten/kota dalam menyusun program dan kegiatan di masa mendatang.

"Kami sudah membaca dan menyampaikan hasil reses kepada pimpinan DPRD dan Pemprov Kalteng. Semoga laporan kami itu dapat ditindaklanjuti dan dicarikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat," kata Kuwu.

Dia menyebut untuk reses perseorangan di dapil I Kalteng, diberikan terima terkait masalah pemerintahan, pertanian dan perkebunan dalam arti luas,  Pendidikan dan Kesehatan, dan Infrastruktur yang menjadi kebutuhan masing-masing wilayah.

Selain menyesuaikan tema tersebut, reses tersebut juga  menghimpun berbagai data, informasi dan aspirasi yang berkembang di masyarakat dengan mengadakan pertemuan dan dialog dengan pejabat setempat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lainnya.

"Dalam reses di tiga daerah itu, kami menyerap aspirasi terkait bidang pemerintahan dan keuangan, bidang perekonomian, bidang kesejahteraan rakyat, bidang pendidikan, serta bidang fisik dan prasarana," demikian Kuwu.